Meski Jarak Dekat, Ini Bahaya Kebiasaan Berkendara Sepeda Motor Tanpa Memakai Jaket

DokterSehat.Com– Sebagian orang terbiasa berkendara sepeda motor tanpa memakai jaket. Biasanya, alasan untuk tidak memakai jaket ini adalah jarak berkendara yang dianggap dekat, cuaca yang tidak terlalu panas, atau tidak nyaman dengan memakai jaket tebal. Padahal, menurut pakar kesehatan dr. Dian Prima dari Rumah Sakit Hermina Galaxy di Bekasi, Jawa Barat, disebutkan bahwa kebiasan berkendara sepeda motor tanpa memakai jaket bisa menyebabkan dampak kesehatan seperti sebagai berikut.

Tubuh menjadi tidak fit
Saat berkendara, sedekat apapun jaraknya, tubuh akan terkena terpaan angin yang cukup kencang. Jika kita sering tidak memakai jaket, maka kita akan lebih rentan terkena masalah perut kembung, masuk angin, dan badan yang terasa tidak fit.

ISPA
Salah satu gangguan pernafasan yang paling menular di Tanah Air adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA. Penyakit ini bertanggung jawab dalam 20 hingga 30 persen kematian mendadak pada bayi dan balita. Tak hanya angin, saat berkendara sepeda motor, kita akan terpapar polusi, debu, kotoran, gas buang kendaraan, dan berbagai kuman serta bakteri yang bisa saja menyebabkan penyakit. Dengan memakai jaket, maka badan akan memiliki perlindungan lebih baik dari hal-hal tersebut. Hanya saja, pastikan juga untuk kerap mencuci tangan dan rajin mandi demi menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

TBC
Kerap terpapar polusi dan angin saat berkendara sepeda motor tanpa memakai jaket dan perlengkapan lain seperti masker ternyata akan meningkatkan risiko terkena masalah TBC, salah satu masalah kesehatan di saluran pernafasan yang sangat mematikan.

Melihat adanya risiko-risiko masalah kesehatan ini, ada baiknya memang kita selalu memakai jaket saat berkendara sepeda motor meskipun jaraknya tidak terlalu jauh.

Source: http://doktersehat.com/meski-jarak-dekat-ini-bahaya-kebiasaan-berkendara-sepeda-motor-tanpa-memakai-jaket/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Meski Jarak Dekat, Ini Bahaya Kebiasaan Berkendara Sepeda Motor Tanpa Memakai Jaket"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.