Mengenal Macam-Macam Refleks Pada Bayi

No comment 21 views

DokterSehat.Com– Sejak lahir, bayi sudah memiliki beberapa refleks yang akan membantunya beradaptasi pada kehidupan di luar rahim. Refleks adalah gerakan yang terjadi secara otomatis dan spontan pada aktivitas bayi sehari-hari. Refleks bayi yang baik menandakan bahwa aktivitas saraf dan otak bayi normal. Apa saja refleks yang dimiliki bayi?

Refleks mencari puting (rooting reflex)
Anda dapat melihat refleks ini dengan menyentuhkan jari Anda ke sudut bibir atau pipi bayi. Biasanya bayi akan merespon dengan mengikuti arah sentuhan tersebut sambil membuka mulutnya. Hal ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah bayi Anda sedang ingin menyusu atau tidak. Refleks ini bisasanya bertahan hingga bayi berusia 3-4 bulan.

Refleks menghisap
Cara menguji refleks ini antara lain dengan menyentuh bibirnya dengan ujung jari Anda. Biasanya bayi akan langsung menghisap ASI. Refleks menghisap sebenarnya sudah muncul saat usia kehamilan 32 minggu hingga 36 minggu. Pada bayi prematur umumnya refleks menghisapnya masih belum sempurna sehingga Anda harus terus melatihnya.

Refleks moro
Refleks moro adalah refleks yang muncul saat bayi terkejut mendengar suara keras. Biasanya bayi saat mendengar suara keras akan memanjangkan lengan dan menekuk kakinya. Refleks ini muncul sejak lahir hingga usia 4 bulan.

Refleks menggenggam
Jika Anda menyentuh telapak tangan bayi, maka ia akan menutup jari-jarinya seperti gerakan menggenggam. Begitu juga jika Anda meletakkan jari Anda di bawah kakinya maka bayi akan menekuk dan mengerutkan jarinya seolah ingin menggenggam dan menjepit erat. Refleks ini bertahan hingga usia 3-4 bulan.

Refleks leher asimetrik tonik
Refleks ini mungkin agak sulit terlihat, namun Anda bisa mengamatinya dengan memiringkan badannya ke salah satu sisi badan. Jika Anda miringkan badan ke kiri, maka tangan kiri bayi Anda akan segera merentang lurus ke luar sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya. Refleks ini bertahan pada usia 2 bulan dan menghilang saat usianya 5 bulan.

Refleks berenang
Refleks ini ditunjukkan pada saat bayi diletakkan di kolam berisi air, ia akan mulai mengayuh dan menendang seperti gerakan berenang. Refleks ini berfungsi untuk membantu bayi bertahan jika akan tenggelam dan akan berkurang pada usia 4-6 bulan. Meskipun bayi Anda memiliki refleks berenang yang baik, namun membiarkannya masuk ke dalam kolam air tanpa pendampingan termasuk kegiatan yang berisiko.

Source: http://doktersehat.com/mengenal-macam-macam-refleks-pada-bayi/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Mengenal Macam-Macam Refleks Pada Bayi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.