Mendagri Berharap Golput Menurun di Pilkada 2018

IDNews.co.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu. Tjahjo mengatakan, pemerintah mengharapkan biar pelaksanaan pilkada (Pilkada) jalan lancar dan minim konflik.

Untuk Tjahjo, kelancaran perhelatan pilkada dapat diliat dari meningkatnya tingkat partisipasi orang-orang pemilih.

” Kami menginginkan tingkat partisipasi orang-orang bertambah, tidak ada politik uang. Hampir sama juga dengan Bawaslu indeks kerawanannnya, terkait dengan calon tunggal biar tidak ada, ” kata Tjahjo di kantor Bawaslu, Jakarta.

Angka ‘golput’ dari dua Pilkada sebelumnya selalu menyusut. Tingkat partisipasi orang-orang pemilih pada Pilkada serentak 2015 mencapai 69 persen. Sementara, di Pilkada 2017 mencapai 74, 5 persen.

Tjahjo menaikkankan utamanya komunikasi pada Kementerian Dalam Negeri dengan lembaga penyelenggara pemilu. Apalagi, sekarang ini sudah masuk bagian sistem pendaftaran pasangan calon Pilkada yang dimulai sejak Senin, 8 Januari 2018.

” Karena mamasuki bagian, Bawaslu juga kan sudah mulai sidang-sidang. Kami menginginkan sedikit informasi. Kami selalu mengupdate. Tapi, pemerintah sedikit ikut serta, ” papar Tjahjo.

Disamping itu, Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, lembaganya siap melakukan pengawasan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 mendatang. Ia mengungkap, pengawas Pilkada dan Pemilu sudah disiapkan sampai tingkat Kecamatan. ” Pengawas sudah terlatih. Kami sudah laksanakan kursus pembinaan tehnik (Bintek), ” katanya.

Diluar itu, terkait dana hibah proses hibah untuk proses Pilkada di 171 daerah dengan administrasi dapat dinyatakan usai. ” NPHD saya sangka sudah usai semuanya. Tinggal pencairan. Semua relatif lancar, ” katanya percaya. (ndi)

Posting Mendagri Berharap Golput Menurun di Pilkada 2018 ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Mendagri Berharap Golput Menurun di Pilkada 2018"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.