By | July 31, 2020



Tuban (HalloJatim.com) – Pandemi Covid-19 belum berakhir, namun PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban masih berkontribusi membagikan puluhan hewan kurban berupa sapi kepada masyarakat Kabupaten Tuban, Kamis (30/7/2020).

Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah ini, pabrik semen yang ada di Tuban tersebut menyalurkan 31 sapi kurban. Hewan tersebut dibagikan untuk masjid-masjid terutama yang ada di wilayah sekitar perusahaan semen itu beroperasi. Juga kepada sejumlah pondok pesantren yang ada di Tuban Bumi Wali.

Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan di kantor Pemkab setempat dan diterima oleh Wakil Bupati Tuban. Selanjutnya, puluhan sapi dengan berat masing-masing lebih dari 500 Kg tersebut didistribusikan ke semua sasaran.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita masih dapat memberikan bantuan sapi kurban 31 ekor kepada masyarakat sekitar. Jumlah kurban ini sama seperti pada tahun sebelumnya, walaupun di tengah situasi pandemi Covid 19 ini,” jelas Farhi Sjahrul Ade, GM of Corporate Communication Semen Indonesia.

Dalam pendistribusian hewan kurban tersebut juga masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni diutamakan adalah 26 desa yang ada di wilayah Kecamatan Jenu, Kecamatan Kerek dan Kecamatan Merakurak. Kemudian untuk 3 instansi dan 2 lembaga keagamaan semuanya berada di Kabupaten Tuban.

“Bantuan hewan kurban ini juga merupakan program rutin dari Coorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan. Momentum penyaluran hewan kurban juga menjadi sarana untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat sekitarnya, apalagi di saat situasi sedang sulit seperti saat ini yang diakibatkan pandemi virus. Sehingga kami terpanggil untuk dapat memberikan kontribusi yang lebih baik bagi stakeholders,” sambungnya.

Ia menambahkan dengan kondisi ketatnya persaingan di bidang industri persemenan saat ini dan adanya wabah Covid-19, semoga dengan dukungan semua pihak termasuk dari masyarakat sekitar akan menjadikan perusahaan semakin berkembang lebih baik lagi. “Sehingga manfaat keberadaan perusahaan ini dapat semakin dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jaga Persatuan, Sukseskan Pelantikan Presiden

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein menyampaikan terima kasih atas kontribusi PT Semen Indonesia yang selalu berkontribusi pada sejumlah program yang dikerjakan Pemkab Tuban, salah satunya penyembelihan dan penyaluran hewan kurban.

Menyikapi pandemi Covid-19, Wabup meminta agar dalam pemotongan hewan kurban, PT SIG dapatnya ikut mengawasi proses penyembelihan agar sesuai protokol kesehatan. Dengan begitu bisa menekan penyebaran Covid-19.

Selain itu pihak perusahaan diminta ikut terlibat memantau proses penyaluran daging kurban di desa-desa sekitar operasional perusahaan. “Pembagian daging kurban ini diutamakan kepada masyarakat miskin dan harus benar-benar diserahkan kepada yang berhak. Bila perlu langsung diantarkan ke rumah penerima agar tidak terjadi kerumunan warga,” ujar Noor Nahar Hussein. [mut/suf]





















Sumber: beritajatim.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.