Mantap, Upacara Ini Semua Petugasnya Polwan Lho !

Polres Trenggalek – Ada yang istimewa pada upacara pengibaran bendera dalam rangka kesadaran nasional yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek pagi ini. Keseluruhan perangkat upacara dilaksanakan oleh para Polwan terbaik yang dimiliki oleh Polres Trenggalek, Senin (19/02).

Perwira upacara ditunjuk Kompol Siti Munawaroh, S.H. yang juga menjabat sebagai Kabagsumda Polres Trenggalek. Sementara Komandan Upacara ditunjuk Aiptu Ni Luh Ketut Mahayuni, S.E. Sedangkan Komandan Kompi 1 dipercayakan kepada Aiptu Ari Widayati, Komandan Kompi 2 Aiptu Purwandari dan Komandan Kompi 3 Aiptu Sulasmiati.

Demikian pula dengan pengibar bendera merah putih yang diamanahkan kepada 3 orang Polwan muda yakni, Bripda Dyah Ayu, Bripda Siti Hanifah dan Bripda Eka Yuni L. Tak ketinggalan, pembaca pembukaan UUD 1945 oleh Bripda Ninda Dwi dan Pengucap Tri Brata Bripda Mia Sendi melengkapi formasi Polwan dalam upacara tersebut.

Kesemuanya kompak menggunakan seragam dinas PDL lengkap dengan baret dan sepatu laras. Terlihat gagah dan berwibawa tanpa menghilangkan karakter feminin dan keanggunan sebagai seorang wanita.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., selaku Inspektur upacara mengatakan, dalam upacara kali ini pihaknya sengaja memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada Polwan jajaran untuk didapuk sebagai perangkat upacara. Hal tersebut bukan tanpa sebab. Alumnus Akpol tahun 2000 ini ingin menunjukkan bahwa Polwan juga bisa berbuat tak kalah dengan Polki (Polisi laki-laki).

“Polwan itu berperan ganda. Dalam satu sisi ia adalah polisi lengkap dengan segala atribut dan tugasnya. Disisi yang lain, ia adalah seorang wanita, istri dan ibu bagi anak-anaknya. Dan hari ini bisa kita lihat sendiri Polwan kita juga mempunyai kualitas yang sama dengan Polki” ujar AKBP Didit.

Lebih lanjut AKBP Didit menuturkan, Polwan zaman now tidak hanya ditempatkan di belakang meja. Banyak juga yang bertugas di satuan operasional lapangan yang tak jarang harus bersinggungan langsung dengan pelaku kejahatan yang tentunya membawa resiko tinggi.

“Teruslah berkarya dan memberikan yang terbaik bagi Kepolisian, masyarakat bangsa dan negara” tegas AKBP Didit.

Dikonfirmasi terpisah Aiptu Ni Luh Ketut Mahayuni menuturkan, dirinya sempat deg-degan saat mengetahui ditunjuk sebagai Komandan Upacara. Meskipun sudah sering kali terlibat sebagai perangkat upacara, tetap saja dirinya merasa nervous.

Ndak ada persiapan khusus, cuma berlatih saja berkali-kali sampai benar-benar nglonthok (hafal/paham.red” ucap Polwan yang menjabat sebagai PS Paurminpers Bagsumda ini.

“Sempat tegang diawal, tapi alhamdulillah semua lancar. Berkat Doa dan dukungan dari semua rekan-rekan Polwan” pungkasnya seraya tersenyum.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Mantap, Upacara Ini Semua Petugasnya Polwan Lho !"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.