Malas Olahraga ? Bakat Mager Terekam di DNA

IDNEWS.CO.ID –¬†Olahraga rutin serta terprogram ialah syarat utama hidup sehat dan bugar. Sayangnya buat sebagian orang, rutinitas olahraga seperti siksaan perih saking malasnya bergerak alias mager.

Orang-orang yang malas olahraga sekarang bisa menyalahkan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid), yaitu material genetik yang ada di dalam tubuh. Menurut sebuah riset terbaru, seseorang yang malas olahraga punya perbedaan struktur DNA.

Pengamatan pada 90.000 orang mengkonfirmasi hal tersebut. Para ilmuwan di Oxford University yang melakukan riset itu membandingkan DNA pada orang yang aktif bergerak dan yang malas-malasan.

Akhirnya, ditemukan ada 14 gen penyusun DNA yang terkait langsung dengan inactivity atau kurang gerak. Temuan ini memberikan petunjuk apakah gen membuat seseorang obesitas lalu jarang bergerak, atau sebaliknya membuat orang malas bergerak lalu jadi obesitas.

“Bagaimana dan mengapa kita bergerak tidak semuanya terkait gen. Tetapi memahami peran gen bisa meningkatkan pemahaman mengenai sebab dan konsekuensi malas gerak,” jelas Dr Aiden Doherty yang memimpin riset itu, dikutip dari Dailymail.

Kurang gerak, tidak hanya dikaitkan dengan resiko obesitas, juga merupakan faktor resiko berbagai penyakit kronis berbahaya. Termasuk di antaranya diabetes tipe 2 serta berbagai masalah jantung dan pembuluh darah.

(ria)

The post Malas Olahraga ? Bakat Mager Terekam di DNA appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Malas Olahraga ? Bakat Mager Terekam di DNA"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.