Makanan Alami yang Mempercepat Penyembuhan Demam Berdarah (DBD)

DokterSehat.Com– Sebagai negara tropis, penyakit mematikan seperti demam berdarah (DBD) tidak bisa dihindari. Untuk menyembuhkan DBD, seseorang harus mendapatkan perawatan intensif, diinfus untuk mendapatkan energi, dan mengonsumsi makanan yang mampu mempercepat penyembuhan seperti yang diulas di bawah ini.

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

doktersehat-kurma-puasa-ramadhan

1. Jambu Biji
Menurut Journal of Natural Medicines, jambu biji mampu merangsang pembentukan platelet atau trombosit darat yang baru. Jambu biji juga mengandung quercentin yang bisa ditemukan di beberapa jenis sayur. Quercentin mampu menekan pembentukan mRNA virus. Jika mRNA ditekan pertumbuhannya, virus akan susah bekerja dengan baik sehingga demam berdarah mudah disembuhkan.

Selain membunuh virus dan merangsang pembentukan trombosit, jambu biji juga mengandung Vitamin C yang banyak. Vitamin ini meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu proses penyembuhan.

2. Buah Kurma
Buah kurma yang memiliki rasa manis mengandung gula alami seperti fruktosa dan sukrosa yang mampu mengembalikan energi secara instan. Penderita DBD yang biasanya lemas bisa lebih kuat sehingga bisa melakukan berbagai aktivitas selain tidur.

Selain mengandung gula, kurma juga mengandung zat besi. Mengonsumsi kurma secara rutin baik dalam bentuk buah atau jus bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darat. Terakhir, kurma adalah alternatif selain jambu biji bagi penderita DBD yang memiliki penyakit maag sehingga tidak bisa menerima makanan yang agak asam.

3. Daun Pepaya
Daun pepaya yang rasanya pahit ternyata mampu meningkatkan dan mencegah kekurangan trombosit di dalam darah. Kandungan zat alami dalam daun pepaya juga mampu menstabilkan membran dan melindungi sel darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari daun pepaya, penderita demam berdarah bisa mengonsumsi daun pepaya dalam bentuk sayur atau dalam bentuk ekstrak. Olahan daun pepaya bisa dikonsumsi sebagai pendamping obat agar penyembuhan bisa berjalan dengan cepat.

Source: http://doktersehat.com/makanan-alami-yang-mempercepat-penyembuhan-demam-berdarah-dbd/

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.