Leukimia, Penyakit Kanker pada Anak Paling Mematikan di Indonesia

IDNews.co.id – Sebagai di antara penyakit paling mematikan, Kanker kenyataannya termasuk sebagai penyebabnya kematian terbesar pada anak. Kanker pada anak sebenarnya dapat sembuh jika ditemukan dalam tingkat awal dan diselesaikan dengan tepat.

Prof. Dr. Djajadiman Gatot, SpA (K), Dokter Anak, Sekalian konsultan Hematologi dan Onkologi RSCM mengatakan penyakit kanker paling banyak terkena anak-anak di Indonesia yaitu leukimia atau kanker darah dan kanker mata primer atau retinoblastoma.

Lebih dari 300. 000 anak sudah didiagnosis menderita penyakit kanker setiap tahunnya di semua dunia, dengan presentase kesembuhan cuma 20 persen. Menurut Prof. Dr. Djajadiman Gatot, waktu ini belum ada keterangan dengan tentu penyebabnya Kanker Leukimia.

” Ini belum dapat ada satu juga peneliti yang mengatakan tentu ini penyebabnya. Jadi penyebabnya itu banyak, macam- jenis, ada (faktor) genetik, ada (faktor) lingkungan, infeksi dan seterusnya, ” kata Dokter Djaja.

Dokter Djaja juga mengungkap kalau kita mesti lebih mewaspadai tanda-tanda penyakit kanker yang ada pada anak-anak. Ada tiga pilihan untuk pengobatannya, yaitu dengan kemoterapi, radioterapi, dan operasi.

Ia juga menjelaskan kalau kanker padat seperti kanker mata, ovarium, testis dan yang lain yang menyerang organ badan seseorang, selayaknya dapat sembuh dengan cara ‘dikecilkan’ ukuran kankernya dan di hilangkan, tidak bisa dilewatkan saat saja.

Berlainan dengan kanker yang lain, kanker Leukimia ternyata tidak memiliki tingkat, kanker ini dimaksud dengan juga kanker systemik dan cuma dapat diobati dengan melakukan kemoterapi. (ndi)

Posting Leukimia, Penyakit Kanker pada Anak Paling Mematikan di Indonesia ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Leukimia, Penyakit Kanker pada Anak Paling Mematikan di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.