KPK Pemprov DKI Bidik Pemakaian Air di Gedung Tinggi Jakarta

IDNews.co.id – Bambang Widjojanto, Ketua Komite Pencegahan Korupsi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, segera bekerja setelah timnya diresmikan Gubernur Anies Baswedan. Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi itu berasumsi masalah hak asasi manusia (HAM) sering diabaikan dalam usaha pencegahan atau pemberantasan korupsi.

Harusnya, kata Widjojanto, pencegahan atau pemberantasan korupsi terintegrasi dengan semangat penegakan HAM. “Padahal bila dipandang saat ini yang namanya efek korupsi itu jadi yang memicu dari problem-problem hak asasi manusia, ” tuturnya di Balai Kota Jakarta pada Rabu (3/1/2017).

Bambang juga sudah mengambil keputusan visi barunya untuk menjadikan satu program antikorupsi dengan semangat HAM. Dia segera membidik contoh masalah pada bidang pajak pada air sebagai di antara persinggungan masalah korupsi dengan HAM.

Di semua wilayah Ibu Kota, tuturnya, banyak gedung tinggi pencakar langit ataupun pusat perbelanjaan yang ambil atau menggunakan air tanah. Dia menengarai berkenaan itu belum sempat dicek, “apakah mereka sudah membayar pajak terkait dengan air yang di ambil dari tanah itu? ”

“Ternyata, ” tuturnya, “Cukup banyak masalah di dalamnya. Itu dapat merugikan kemaslahatan dan kebutuhan umum. Jadi, ada gossip hak asasi juga di situ. ”

Komite Pencegahan Korupsi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibuat oleh Gubernur Anies Baswedan. Selain Widjojanto, lembaga itu juga diawaki Nursyahbani Katjasungkana, wanita aktivis HAM. (ndi)

Posting KPK Pemprov DKI Bidik Pemakaian Air di Gedung Tinggi Jakarta ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.