Kehadiran Kapolsek Pule Dalam Kegiatan Tes Wawancara PPL di Kecamatan Pule

Polres Trenggalek – PPL Atau Bisa disebut dengan Pengawas Pemilu Lapangan adalah petugas pengawas pemilu di desa atau kelurahan yang bertugas antara lain mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPS. Kegiatan dalam rekruitmen anggota PPL di kacamatan Pule hari ini dilaksanakan di gedung penyuluhan KB kecamatan Pule dalam tahap tes wawancara yang dilaksanakan tim seleksi, dalam kegiatan tersebut Kapolsek Pule Polres Trenggalek menyempatkan hadir dalam kegiatan, Selasa ( 9/1 ).

 

 

Dalam penyampaianya Kapolsek Pule Polres Trenggalek memberikan gambaran dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan PPL, diantaranya
Tugas dan wewenang PPL meliputi ,mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat Desa atau sebutan lain/Kelurahan yang meliputi beberapa item pelaksanaan.

 

 

Dari item pertama pelaksanaan pemutakhiran data Pemilih berdasarkan data kependudukan dan penetapan Daftar Pemilih Sementara, daftar Pemilih hasil perbaikan, dan Daftar Pemilih Tetap, pelaksanaan Kampanye, perlengkapan Pemilihan dan pendistribusiannya ,pelaksanaan pemungutan suara dan proses penghitungan suara di setiap TPS.

 

 

Selain itu, pengumuman hasil penghitungan suara di setiap TPS,  pengumuman hasil penghitungan suara dari TPS yang ditempelkan di sekretariat PPS, penyampaian surat suara dari TPS sampai ke PPK dan pelaksanaan penghitungan dan pemungutan suara ulang, Pemilihan lanjutan, dan Pemilihan susulan.

 

 

Menerima laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilihan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilihan sebagaimana adanya temuan dan laporan dugaan pelanggaran terhadap tahapan penyelenggaraan  kepada instansi yang berwenang.

 

 

Menyampaikan temuan dan laporan kepada PPS dan KPPS untuk ditindaklanjuti, memberikan rekomendasi kepada yang berwenang atas temuan dan laporan tentang adanya tindakan yang mengandung unsur tindak pidana Pemilihan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, mengawasi pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan.

 

 

” Pelaksanakan tugas dan wewenang lain yang diberikan oleh Panwas Kecamatan, agar PPl bersikap tidak diskriminatif dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, menyampaikan laporan kepada Panwas Kecamatan berkaitan dengan adanya dugaan tindakan yang mengakibatkan terganggunya tahapan penyelenggaraan Pemilihan di tingkat Desa, ” kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dalam memberikan sambutan sebelum kegiatan dilaksanakan.

 

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Kehadiran Kapolsek Pule Dalam Kegiatan Tes Wawancara PPL di Kecamatan Pule"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.