Kapolsek Pule Laksanakan Kerja Bhakti Penanganan Longsoran

Kapolsek Pule Laksanakan Kerja Bhakti Penanganan Longsoran

Polres Trenggalek – Jalan merupakan sebuah fasilitas yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat, Jalan sudah ada sejak zaman manusia purba yang digunakan untuk berpindah tempat telusuri hutan. Dalam perkembangannya pada zaman dahulu manusia hanya mengenal jalan yang terbuat dari tanah dan hanya bisa di lalui dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan kuda, bagaimana jadinya bila fasilitas untuk mempermudah transportasi harus tertutup material tanah tentunya akan menghambat jalanya transportasi.

 

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dalam memperlancar akses jalan yang sebelumnya sebagian dari bahu jalan tertutup tanah longsor, dilakukanya kerja Bhakti Bersama-sama unsur Muspika, tiga pilar desa Jombok dan masyarakat di sekitar lokasi tanah lonsor yang hampir menutup jalan di Jalan raya Jombok -Pule tepatnya di dusun Gading, desa Jombok, Selasa ( 9/1 ).

 

 

Kejadian tanah longsor yang terjadi dibeberapa titik di wilayah Polsek Pule Polres Trenggalek, disebabkan adanya hujan deras yang mengguyur wilayah Pule dan sekitarnya kemarin Senin. Sehingga adanya resapan air yang tinggi yang tidak bisa ditahan oleh tanah menyebabkan tanah bergerak dan terjadilah longsoran seperti pada lokasi yang sedang dilakukan kerja Bhakti Kapolsek Pule Polres Trenggalek.

 

Perubahan tekstur tanah sebagai penyebab terjadinya longsor dapat terjadi jika air hujan secara terus menerus jatuh dan menerjang tanah, hingga menembus kebagian tanah yang kedap air (tanah yang berperan sebagai bidang gelincir) maka tanah akan menjadi licin. Tanah yang licin inilah yang nantinya akan mengalami pergerakan yang cepat menuju kebawah apabila hujan deras terjadi.

 

 

” Kita lakukan pembersihan material longsor yang menutup jalan dengan keikutsertaan para stakeholder yang ada, bersama -sama masyarakat tentunya dalam kegiatan kerja bhakti yang dilaksanakan, ” Kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dalam ke kegiatanya.

 

__Posted on
January 9, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.