Kapolsek Pule Hadiri Pertemuan Arisan Rutin di Rumah Kades Pule

Polres Trenggalek – Rabu ( 10/01 ), dalam kegiatan yang mengundang unsur Muspika Kecamatan Pule termasuk Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH yang juga turut hadir dalam kegiatan yang berada di rumah kepala desa Pule Marni, guna kegiatan arisan rutin setiap bulanya yang dilakukan oleh para Kades di wilayah Pule. Selain kegiatan yang dikemas dalam bentuk Ngopi ( Ngbrol Pintar)  yang membahas permasalahan di desa dan permasalahan lainya.

 

Selain itu, kegiatan inimerupakan ajang silaturahmi antar pemangku desa dan tempat shering permasalahan yang ada didesa dengan stakeholder kecamatan yang duduk dalam Muspika Pule, termasuk dari kecamatan yang langsung diikuti camat Pule Joko Santoso, Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji, SH, MH dan dari Koramil 0806/10 Pule Kapten Karim.

 

Dalam penyampaianya Kapolsek Pule Polres Trenggalek terkait aspek hukum dalam pengelolaan Dana Desa, adanya aturan menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, memberikan pengakuan yang lebih otonom bagi desa oleh pemerintah pusat. Banyak kewenangan yang diberikan kepada desa terutama kewenangan otonomi khusus untuk pengelolaan keuangan desa, dengan tambahan sumber pendapatan yang berasal dari APBN perlu adanya pengelolaan keuangan desa yang bagus dan maksimal agar masyarakat desa bisa lebih sejahtera dan makmur sejajar dengan masyarakat kota.

 

Pelaksanaan pengelolaan keuangan desa yang baik secara hukum adalah dilaksanakan dengan berpedoman sesuai dengan peraturan yang berlaku mulai tahap perencanaan sampai yang terakhir yaitu pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa. Pengelolaan keuangan desa telah diatur sedemikian rupa dalam peraturan perundang-undangan.

 

Sehingga para pengelola keuangan desa harus dapat mencerna apa saja yang menjadi tugasnya masing-masing agar program program desa dapat terlaksana. Kewenangan yang melekat pada pengelola keuangan harus dipahami secara matang agar tidak tidak terjadi penyimpangan karena ketidaksengajaan dan ketidaktahuan.

 

Selain permasalahan pengelolaan Dana Desa sesui dengan aturan yang ada, juga disampaikanya perlunya tamu wajib lapor.
Kapolsek Pule kembali mengajak stakehoder yang ada di desa untuk meningkatkan kewaspadaan di lingkungan tempat tinggalnya. Caranya, dengan mengaktifkan kembali program tamu 1X24 jam wajib lapor.

 

“Kita ajak kembali masyarakat di wilayah Pule khususnya untuk kembali peduli dan waspada lagi dengan melaporkan siapapun yang datang maupun menginap kepada perangkat RT dan RW, ” kata Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji di sela -sela sambutanya.

 

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Kapolsek Pule Hadiri Pertemuan Arisan Rutin di Rumah Kades Pule"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.