Kapan Bayi dalam Kandungan Mulai Menendang Perut Ibu?

DokterSehat.Com– Bagi orang tua, khususnya ibu, melihat dan merasakan perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan adalah hal paling membahagiakan. Ibu bisa melihat perutnya membuncit seiring dengan berjalannya waktu. Lalu saat bayi tumbuh besar, tendangan kecil akan muncul dan bisa dirasakan. Nah, kira-kira kapan ya bayi mulai menendang perut ibu?

doktersehat-kehamilan-hamil

doktersehat-kehamilan-hamil

Usia kehamilan saat bayi menendang
Salah satu faktor yang menyebabkan bayi dalam kandungan bisa menendang adalah pertumbuhannya. Kalau pertumbuhan janin berjalan dengan lancar, ibu bisa merasakan tendangan ringan hingga keras pada usia kehamilan 16-25 minggu atau memasuki bulan ke-4 kehamilan.

Ibu yang pernah hamil sebelumnya, tendangan bisa dirasakan saat usia janin mencapai 13 minggu. Sementara itu, ibu yang baru pertama kali mengandung akan merasakan tendangan pada usia kehamilan 25 minggu.

Intensitas tendangan bayi
Intensitas tendangan bayi dalam kandungan dipengaruhi dengan perkembangan dan perubahan kadar gula dalam darah ibu. Pada trimester pertama, Anda akan jarang merasakan pergerakan, tapi memasuki trimester kedua dan ketiga, tendangan bayi akan semakin seri terjadi. Dalam satu jam, Anda akan merasakan lebih dari 30 tendangan.

Tendangan bayi biasanya tidak banyak terjadi pada siang hari. Ibu akan merasakan pergerakan yang intens pada malam hari mulai pukul 21.00-01.00. Itulah mengapa ibu yang hamil tua kerap susah tidur karena perut sering terasa sakit.

Saat bayi tidak menendang
Ketika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke-25 dan Anda tidak merasakan tendangan, jangan langsung panik. Pada beberapa kasus, bayi kerap lebih diam ketimbang bayi yang lain. Tendangan biasanya akan mulai dirasakan seiring dengan pertumbuhan janin.

Sementara itu, kalau tendangan janin dalam perut mendadak menurun padahal sebelumnya terjadi secara intens, Anda harus waspada. Segera periksakan kehamilan Anda ke dokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Selalu waspada dengan kehamilan ya, terlebih jika ini yang pertama!

Source: http://doktersehat.com/kapan-bayi-dalam-kandungan-mulai-menendang-perut-ibu/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Kapan Bayi dalam Kandungan Mulai Menendang Perut Ibu?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.