Kamu Belum Dewasa Kalau Belum Umur Segini Kata Pakar

IDNEWS.CO.ID –¬†Kamu sudah merasa dewasa? Hmm sebentar, memangnya umur kamu berapa?

Walau ada yang beranggapan umur hanya angka, berdasarkan ilmuwan otak yang meneliti sistem saraf, beberapa orang belumlah mencapai ‘kedewasaan’ yang sempurna sampai mereka ada di usia 30-an.

Para peneliti ini menemukan bahwa usia dimana menjadi dewasa memang bervariasi untuk semua orang, akan tapi orang berusia 18 tahun masih mengalami perubahan di otak yang bisa mempengaruhi perilaku dan sehingga mereka lebih mungkin untuk mengembangkan gangguan kesehatan mental.

“Apa yang sebenarnya kami katakan ialah jika definisi mengenai kapan seseorang pindah dari masa kanak-kanak menjadi dewasa terlihat absurd. Ini lebih kepada nuansa transisi yang berlangsung selama tiga dekade.”

“Saya duga sistem seperti sistem pendidikan, sistem kesehatan dan sistem hukum untuk kemudahan mereka sendiri dengan memiliki definisi (kapan umur dewasa –red).”

Dikutip dari website resminya, Roger K. Allen, PhD, menjelaskan ada beberapa contoh hal yang menandakan seseorang sudah bersikap dewasa secara mental, antara lain:

– Proaktif (aku yang menentukan pilihan)
– Diatur pada tujuan atau visi
– Bukan ‘harus’ tapi melakukan sesuatu karena memang pilihan
– Berani keluar dari zona nyaman
– Rela berbagi

“Saya mendefinisikan kedewasaan emosional sebagai kemampuan untuk membuat pilihan yang baik, positif, dan sehat selama tantangan hidup,” tulisnya.

(fat)

The post Kamu Belum Dewasa Kalau Belum Umur Segini Kata Pakar appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Kamu Belum Dewasa Kalau Belum Umur Segini Kata Pakar"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.