Jurusan Teknik Informatika : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya

Tahukah kamu jika saat ini perkembangan dunia digital begitu pesat? Hal ini ditandai dengan maraknya aktivitas-aktivitas yang dulu dilakukan secara offline tiba-tiba berubah menjadi serba online. Misalnya saja berbelanja, sekarang banyak orang memilih untuk belanja melalui situs-situs ecommerce, mereka menganggap belanja online lebih efektif dan tidak ribet, selain itu banyak variasi pilhan barang dengan harga yang murah-murah. Sebenarnya masih banyak lagi contoh-contoh mengenai perkembangan dunia digital ini. Memprediksi beberapa tahun kedepan sepertinya perkembangan teknologi informasi akan terus naik signifikan.

Perkembangan yang cepat ini juga harus didukung oleh sumber daya manusianya yang adaptif juga terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Disini manusia bukan hanya berperan sebagai pengguna atau penikmat saja namun akan lebih berguna dan bermanfaat jika manusia turut andil dalam perkembangan tersebut. Oleh sebab itu, hadirlah suatu disiplin ilmu yang disebut Teknik Informatika di perguruan-perguruan tinggi Indonesia. Teknik Informatika ini merupakan jurusan yang sangat digandrungi oleh anak-anak calon maba sekarang.

Teknik Informatika merupakan jurusan kuliah favorit hampir di semua PTN/PTS di Indonesia. Memang jika ditelisik lebih dalam TI singkatan dari Teknik Informatika, memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan di masa depan. Coba lihat sekeliling kita, apakah ayah, ibu, adik, teman-teman kalian menggunakan smartphone? Lalu apa yang mereka buka di smartphone itu? Bisa aplikasi, website, game, dan masih banyak lagi. Gambaran sederhananya inilah yang akan dipelajari mahasiswa-mahasiwa TI nantinya, mulai dari mengembangkan aplikasi, website, hingga game sekalipun. Bagi kamu yang penasaran mengenai apa itu Teknik Informatika, Yuk kita simak bersama-sama.

 

Mengenal Apa Itu Teknik Informatika

 

Pernahkah terbesit di pikiran kalian ketika membuka smartphone lalu membuka beberapa aplikasi, Siapa yang membuat aplikasi ini? Bagaimana cara membuatnya? Jika iya maka jawabannya yang paling tepat untuk pertanyaan itu akan dijawab berikut ini. Programmer adalah yang membuat aplikasi, website, game, atu software-software lain yang ada di smartphone kalian. Nah, programmer akan merancang berbagai macam kode menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah aplikasi. Apakah hal ini sudah menjawab? Lalu apa hubungannya dengan Teknik Informatika?

Jadi begini, hubungan antara software, programmer, dan Teknik Informatika sebenanrnya saling berhubungan. Dimana mata pelajaran yang dipelajari mahasiswa TI sangat berhubungan sekali dengan dunia-dunia percodingan, bahasa pemrograman, dan lain-lain. Biasanya output dari lulusan TI adalah seorang programmer, sebenarnya tidak programmer semua, namun mayoritasnya adalah ini. Dalam jurusan ini tidak hanya mempelajari bahasa pemrograman maupun coding saja, ada banyak hal selain itu. Lantas sebenarnya apa itu jurusan Teknik Informatika?

Teknik Informatika adalah jurusan penddidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinspip ilmu komputer serta analisis sistematis untuk melakukan pengujian, perancangan, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak, dan kinerja komputer. Bagi kalian yang ingin sekali masuk ke dalam prodi ini, nantinya kalian akan diajarkann untuk menghasilkan ide kreatif lalu merealisasikan ide tersebut. Harapannya nanti kalian akan menjadi ahli dalam pengetahuan sistem operasi dan aplikasi. Bagaimana apakah kalian tertarik dengan jurusan ini?

Buat kalian yang mencintai dunia komputer apalagi otak-atik software maka jurusan ini sangat relevan dengan kesukaan kalian. Apalagi kalian memiliki kemampuan matemtika dan logika yang canggih tentu ini sudah bisa menjadi modal kalian untuk melangkah ke dalam jurusan TI. Jurusan TI sendiri memiliki jenjang prospek karir yang bagus. Melihat dari data antara 2014-2024, pekerjaan menjadi seorang programmer akan tumbuh 12%. Dikuatkan lagi dengan sekarang banyak muncul startup-startup digital baik kecil maupun besar. Misalnya saja startup unicorn di Indonesia seperti Gojek, Tokopedia, Bukalapak yang tidak menutup kemungkinan kalian bisa bekerja di perusahaan ini.

Gimana sudah mempunyai gambaran untuk masuk ke dalam jurusan ini? Jika iya sekarang mulailah mencari tahu tentang mata kuliah apa yang akan dipelajari nantinya di bangku kuliah. Namun, kalian tidak perlu ribet-ribet mencari karena setelah ini akan dijelaskan mengenai mata kuliah jurusan informatika secara umum maupun spesifik berdasarkan salah satu universitas yang favorit. Yuk kita lanjut pada bagian selanjutnya mengenai mata kuliah jurusan informatika.

 

Baca Juga :    Belajar Bahasa Pemrograman PHP Itu Penting, Mengapa?

 

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika

 

Bagi kalian yang penasaran mengenai apa mata kuliah jurusan Teknik Informatika, pertanyaan tersebut akan segera terjawab pada bagian ini. Mata kuliah dari TI sanga tidak jauh-jauh dari yang namanya matematika, logika, dan coding. Buat kalian penggemar mata kuliah semacam ini, kalian akan terasa seperti di surga karena memang passion kalian akan tersalurkan. Berbeda jika kalian tidak memiliki kesukaan atau hobi mengenai pernyataan sebelumnya, mungkin nantinya kalian akan terasa tersiksa dengan mata kuliah dan tugas-tugas yang diberikan. Berikut ini adalah mata kuliah jurusan Informatika secara umum.

  1. Algoritma & Struktur Data
  2. Sistem Operasi
  3. Logika Informatika
  4. Strategi Algoritma
  5. Probabilitas dan Statistika
  6. Pemrograman Berorientasi Objek
  7. Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Artificial Intelligence
  9. Pemrograman Internet
  10. Kalkulus
  11. Dasar Dasar Pemrograman
  12. Sistem Komputer
  13. Teori Komputasi
  14. Metode Pengembangan Software
  15. Sistem Jaringan
  16. Data Mining
  17. Database dan Sistem Informasi
  18. Kriptografi
  19. Etika & Hukum Cyber
  20. Intelegensia Buatan
  21. Basis Data

Namun informasi tentang mata kuliah tidak berhenti dari sini saja. Disini kami juga akan menampilkan mata kuliah jurusan Teknik Informatika dari salah satu Universitas Terbaik, mungkin kalian bisa menebaknya, benar sekali jawabannya adalah ITB. ITB atau dikenal Institut Teknologi Bandung merupakan salah universitas tertua dan terbaik yang dimiliki Indonesia. Dimana pada jurusan Teknik Informatika yang termasuk dalam Fakultas STEI (Sekolah Teknik Informatika dan Elektro) menjadi jurusan yang banyak digemari oleh calon mahasiswa baru. Bahkan, fakultas ini menjadi peraih skor UTBK tertinggi dibanding jurusan lain di ITB. Sudah penasaran bukan? Yuk kita simak mata kuliah jurusan Teknik Informatika ITB. Sekedar info saja, di ITB untuk semester 1 dan 2 mata pelajaran yang diujikan lebi condong seperti mapel di SMA, nah ini disebut TPB. Jadi mulai masuk ke jurusannya itu pada tahun kedua semester 3 dan seterusnya.

 

  1. Semester 1 dan 2

    TPB

  2. Semester 3

    Arsitektur dan Organisasi Komputer
    Matematika Diskrit
    Logika Informatika
    Probabilitas dan Statistika
    Algoritma dan Struktur Data
    Aljabar dan Geometri

  3. Semester 4

    Sistem Operasi
    Basis Data
    Teori Bahasa Formal dan Automata
    Strategi Algoritma
    Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
    Pemrograman Berorientasi Objek

  4. Semester 5

    Jaringan Komputer
    Artificiall Intelegence
    Interaksi Manusia Komputer
    Manajemen Proyek Perangkat Lunak
    Pengembangan Aplikasi Berbasis Web
    Pengembangan Aplikasi pada Platform Khusus
    Manajemen Basis Data

  5. Semester 6

    Sistem Paralel dan Terdistribusi
    Proyek Perangkat Lunka
    Sistem Informasi
    Grafika Komputer
    Socio-Informatika dan Profesionalisme
    Lingkungan

  6. Semester 7

    Kerja Praktik
    Tugas Akhir 1
    Rekayasa Perangkat Lunak Spesifik Domain
    Pancasila dan Kewarganegaraan
    Pilihan prodi

  7. Semester 8

    Tugas Akhir 2
    Piliha Luar Prodi
    Pilihan Prodi
    Agama dan Etika

 

Baca Juga :  Peluang Kerja Jurusan IT di Indonesia untuk Fresh Graduate

 

Jenjang Karir atau Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Apakah kalian sudah mempunyai gambaran tentang mata kuliah jurusan Teknik Informatika tadi. Nah buat memantapkan pilihan kalian, disini juga akan dipaparkan mengenai prospek kerja lulusan Teknik Informatika. Lulusan jurusan atau prodi ini tidak akan jauh-jauh dari yang namanya pemrograman. Mungkin, bisa menjadi seseorang diluar itu. Namun, secara kesuluruhan banyak lulusan dari TI bekerja sebagai seorang programmer, baik itu aplikasi, website, hingga game.

Ada juga seorang lulusan Teknik Informatika yang mendirikan perusahaan sendiri atau startup. Memang bekal yang diberikan semasa kuliah bisa dijadikan juga modal dasar mendirikan sebuah perusahaan. Banyak tokoh-tokoh lulusan Teknik Informatika yang sekarang menjadi Technopreneur istilahnya misalnya saja Founder dari IDCloudhost, Alfian Pamungkas yang merupakan lulusan TI Telkom University, Fajrin Rasyid founde dari bukalapak, dan William Tanuwijaya founder Tokopedia, dan masih banyak lagi. Nah, berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang cocok untuk lulusan Teknik Informatika.

  1. Web Developer
  2. Mobile Developer
  3. System Analyst
  4. IT Consultant
  5. Database Engineer
  6. Web Designer
  7. Network Administrator

 

Kesimpulan dan Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai Teknik Informatika, apakah pembahasan kali ini sudah menjawab rasa penasaran kalian? Apakah kalian sudah mantap menentukan jurusan kalian nanti? Teknik Informatika memang tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu program studi favorit yang ada di Indonesia tahun-tahun ini. Melihat perkembangan dunia digital yang kian pesat. Hal ini menuntut SDM yang unggul dan kompeten mengikuti perkembangan dunia digital ini bahkan turut serta melakukan inovasi-inovasi di dalamnya.

Bagi kalian yang memang benar-benar tertarik coba pertimbangkan lagi dan putuskan. Sebab Teknik Informatika pada jenjang karirnya nanti memang memberikan prospek yang tidak main-main. Mengingat kebutuhan digital akan terus meningkat, jika kalian memang suka dan benar-benar passion maka kesuksesan tinggal menunggu untuk dijemput. Jadi inilah artikel mengenai apa itu Teknik Informatika, informasi pembelajarannya, hingga prospek kerjanya. 

Artikel ini telah tayang di idcloudhost.com

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Jurusan Teknik Informatika : Pembelajaran Kuliah dan Prospek Kerjanya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.