Jalin Keakraban Dengan Masyarakat Kapolsek Dongko Gunakan Cara Dialog Persuasif Edukatif

 

Polres Trenggalek_Dalam rangka melaksanakan role model persuasif dan dialogis, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Tri Basuki,S.H., aktifkan kunjungan ke rumah warga.
Seperti yang dilakukannya sewaktu bertatap muka dengan warga, dalam rangka meningkatkan kerjasama terkait harkamtibmas, Sabtu 27/1/2018.

Tampak keakraban terjalin erat saat duduk bersama bertukar informasi seputar kamtibmas, tak lupa AKP Tri Basuki,S.H., berikan pesan kamtibmas untuk menggugah kepedulian agar selalu ikut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dilingkungan, ” tolong pak… diaktifkan kembali ronda di pos kamling, karena jika kampung sudah aman maka rumah tangga dan bekerja jadi tenang,” ucapnya.

“Terima kasih Pak… atas kehadiran dan pesannya, karena dengan duduk bersama dan bertukar informasi seputar kamtibmas maka hubungan Polisi dengan masyarakat semakin dekat,” ucap salah satu warga yang tidak mau disebut namanya.

Dikonfirmasi setelah kegiatan AKP Tri Basuki,S.H., menuturkan untuk lebih mendekatkan bahwasanya peran Polisi mitra masyarakat perlu adanya tindakan nyata, ujarnya.

“Dengan lebih mengedepankan dialog untuk sharing positif terkait kamtibmas, dan ini sangat perlu dilakukan yakni berbaur tanpa adanya sekat antara Polisi dengan masyarakat, demi tujuan utama bahwasanya Polisi senantiasa melindungi mengayomi dan melayani masyarakat,” ungkap AKP Tri Basuki,S.H.

Lebih lanjut AKP Tri Basuki,S.H., menambahkan apabila Polisi harus melakukan tindakan represif dan meskipun itu diperbolehkan berdasarkan Undang-undang untuk melakukannya, namun tetap harus menjadikan tindakan tersebut pilihan terkemudian, dan jauh setelah berbagai tindakan pendahuluan yang bersifat persuasif dan dialogis dilaksanakan,” tandasnya.

Dengan interaksi dan dialog persuasif edukatif maka Polri dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat dapat lebih mudah dan lugas, sehingga terwujud situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,  pungkas AKP Tri Basuki,S.H.

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.