Ini Kata Dokter Jika Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga

IDNEWS.CO.ID –¬†Makin ramainya pusat kebugaran (gym) disebabkan karena semakin banyaknya orang yang mulai sadar akan tubuh sehat. Akan tetapi tidak sedikit yang beralasan karena ingin meningkatkan otot-ototnya serta membuat tubuhnya lebih kekar.

Bukan cuma pria, wanita juga sudah banyak yang mengenal fitness. Mulai dari ingin perutnya rata, dadanya lebih kencang, sampai ingin membentuk bokongnya seperti Kim Kardashian.

Akan tetapi tidak semua keinginan berjalan secara mulus. Sebagian orang mulai merasa putus harapan saat menyadari bahwa bentuk tubuhnya tidak sesuai dengan keinginannya walau sebenarnya sudah melakukan fitnes berkali-kali.

Menanggapi hal tersebut, dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan hal tersebut tergantung dari jenis otot yang dimiliki.

“Otot itu ada dua jenis, yakni serat otot lambat (slow-twitch fibers) yang berwarna merah dan serat otot cepat (fast-twitch fibers) yang berwarna putih,” katanya pada IDNEWS.CO.ID baru-baru ini.

Menurut pengasuh konsultasi kesehatan IDNEWS.CO.ID ini, orang yang dominan memiliki otot dengan serat yang lambat cenderung proses pembentukan otot dan tubuhnya akan membutuhkan waktu yang lama.

“Walaupun sudah latihan, latihan, latihan terus, makan makanan bersih, terus minum suplemen, pasti lama tidak kelihatan,” jelas dr Michael.

“Kalau punya otot yang dominan otot putih bisa lebih cepat berhasil, mudah terlihat,” paparnya.

dr Michael menyarankan untuk melakukan pemeriksaan terkait otot yang dimiliki, hal ini bisa mempermudah kita untuk memprediksi cepat atau lambatnya peningkatan otot-otot. Juga mempermudah merencanakan olahraga apa yang tepat.

“Pemeriksaannya dulu biopsi, sekarang bisa pakai tes DNA,” ujarnya.

(ndi)

The post Ini Kata Dokter Jika Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Ini Kata Dokter Jika Rajin Fitness Tapi Tubuh Nggak Berotot Juga"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.