Ini Dia Cara Mengetahui Alpukat yang Sudah Matang

DokterSehat.Com– Memilih buah alpukat yang matang memang susah-susah gampang. Kebanyakan dari kita memilih dengan cara menekan bagian luar buah alpukat dan bila sudah terasa sedikit empuk saat ditekan maka kita sering menganggap bahwa bagian dalammnya sama empuknya dan sudah matang. Namun ternyata mennetukan matang atau tidaknya buah alpukat bukan dari dagingnya, lho.

doktersehat-alpukat-avocado

Menurut pakar gizi dan kesehatan Rita Ramayulis dalam bukunya tentang pengolahan jus disebutkan bahwa yang menentukan matang atau tidaknya alpukat adalah dari bijinya. Cara mengetahui kematangan alpukat adalah dengan menggoyang-goyangkan buah, apabila saat buah digoyangkan biji buah dapat berbunyi karena bergerak maka alpukat sudah matang.

Hal tersebut terjadi karena daging buah alpukat yang matang akan memberikan rongga antara buah dan daging. Sehingga apabila alpukat sudah matang maka biji alpukat dapat berbunyi karena terlepas dari daging buah dan rongga buah melebar. Cara ini dapat dilakukan untuk mengetahui kematangan alpukat yang optimal.

Pada alpukat sebaiknya kita mengonsumsi dalam kondisi yang matang optimal. Mengkonsumsi buah yang terlalu matang sebenarnya dapat menyebabkan beberapa kandungan gizi yang ada di dalam buah jadi semakin banyak. Umumnya pada buah semakin matang buah maka kandungan glukosa atau fruktosanya akan semakin tinggi sehingga akan semakin manis. Hal ini tentu kurang tepat apabila dikonsumsi oleh orang yang harus membatasi asupan gulanya. Dari segi tekstur alpukat yang terlalu matang juga semakin lembek sehingga kurang cocok jika akan kita buat untuk olahan selain jus. Di samping itu, apabila kita mengkonsumsi buah dalam kondisi yang belum matang sempurna kandungan gizi yang ada dalam buah tersebut masih belum dapat kita rasakan manfaatnya karena masih belum terbentuk sempurna.Sehingga perlu kita mengetahui kapan buah harus dikonsumsi agar kita dapat merasakan manfaat dari kandungan gizinya dengan maksimal.

Sekarang kita sudah tahu bagaimana cara mengatahui kematangan buah alpukat dengan cara yang tepat, silahkan dicoba ya.

Source: http://doktersehat.com/ini-dia-cara-mengetahui-alpukat-yang-sudah-matang/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Ini Dia Cara Mengetahui Alpukat yang Sudah Matang"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.