Ini Dampaknya Jika Madu Dimasak Hingga 40 Derajat Celcius

IDNews.co.id – Banyak jenis hidangan kuliner memiliki bahan basic madu, sebut saja ayam goreng madu, udang bakar bumbu madu, lalu kue dengan lelehan madu, cracker madu, sampai beragam jenis minuman memiliki bahan basic madu.

Madu tak cuma sehat, akan tetapi pas dihidangkan dan dibuat dengan beragam bahan makanan karena memiliki rasa manis dan aroma yang khas.

Namun tak banyak yang tahu kalau madu ternyata tidak bisa melalui sistem masak yang berlebihan (40 derajat celcius), karena menyebabkan perubahan kimiawi yang negatif.

Dilansir dari laman Food NDTV Sabtu (27/1/2018), saat dibuat, madu akan beralih struktur jadi seperti lem, hasilkan toksin.

Menurut National Center for Biotechnology (NCBI), pemanasan madu memiliki kontra tanda-tanda yang menyebabkan resikonya seperti mengigau. Memasaknya, cuma buat kwalitas lebih buruk dan buat madu kehilangan enzim dan nutrisi perlunya.

Menurut Ayurveda (kitab kuno India), saat dibuat, madu jadi sama dengan lem. Molekulnya akan melekat pada selaput lendir di saluran pencernaan, sesudah itu hasilkan racun, dimaksud Ama (makanan yang belum tercerna) hingga jadi akar penyebabnya kesehatan yang jelek.

Ini berperan pada penyumbatan, menambahkan berat badan, penyakit pernafasan, keadaan kulit, masalah pencernaan dan tidak seimbangan glukosa darah. Diluar itu pasteurisasi madu paket dapat juga menyebabkan penambahan indeks glisemik, yang tidak baik untuk pasien diabetes.

Tentukan madu yang mentah

Sementara itu, tak kebanyakan orang tahu kalau madu yang dipasarkan di bursa pasaran dan kita mengkonsumsi keseharian itu ternyata bukanlah madu murni, karena sudah melalui sistem produksi (walau tercantum dalam kemasannya ‘madu murni’), dan lebih dari satu salah satunya ditambahkan pemanis.

Madu murni biasanya dimaksud raw honey atau madu mentah. Madu jenis ini tidak melalui sistem apa pun. Pastinya madu jenis ini lebih banyak manfaat. Beberapa salah satunya memiliki zat probiotik, enzim, asam amino, dan antimikroba yang bermanfaat sebagai antibiotik alami. (ndi)

Posting Ini Dampaknya Jika Madu Dimasak Hingga 40 Derajat Celcius ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.