Ini Alasan Mengapa Setelah Menangis Tubuh Terasa Lelah dan Pusing

DokterSehat.Com– Setelah menangis, kita akan cenderung merasakan kepala yang sedikit pusing dan tubuh yang terasa lelah. Bagaimana bisa menangis bisa memberikan efek sebesar itu pada tubuh?

Keluarnya hormon stress
Saat kita menangis, tubuh ternyata juga mengeluarkan hormon stress yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh, khususnya dalam hal memicu sakit kepala. Bagi sebagian orang, sakit kepala yang muncul tergolong ringan, namun ada pula yang bisa merasakan sensasi seperti migrain yang cukup berat.

Dehidrasi
Menangis ternyata membuat kita banyak kehilangan cairan tubuh. Hal ini ternyata bisa membuat kita mengalami dehidrasi dengan gejala seperti tubuh yang lelah, rasa haus, mulut kering, hingga pusing-pusing. Jika tidak segera diatasi, dehidrasi ini bisa berimbas pada perut kembung atau menurunnya tekanan darah.

Gangguan sinus
Menangis dalam waktu yang lama akan membuat air mata bisa memasuki rongga hidung dan memicu peradangan pada organ pernafasan tersebut. Jika yang mengalami hal ini adalah mereka yang mengalami gangguan sinus, maka mereka akan mengalami gejala seperti sakit kepala yang sangat terasa diantara mata dan hidung.

Terjadinya peradangan
Keluarnya hormon stress ternyata juga berimbas pada munculnya peradangan pada tubuh yang bisa mengganggu saraf pada wajah dan akhirnya menyebabkan migrain atau sakit kepala.

Untuk mengatasi rasa lelah atau pusing setelah menangis, ada baiknya kita segera beristirahat dan menenangkan pikiran. Minumlah air dengan cukup demi mengatasi dehidrasi. Jangan sekali-kali mengkonsumsi minuman beralkohol meskipun sedang mengalami masalah yang berat karena akan membuat badan terasa semakin tidak karuan. Selain itu, cobalah untuk memijat kepala dengan lembut agar ketegangan pada otot-otot kepala akan menurun sehingga kita pun akan merasa lebih baik.

Source: http://doktersehat.com/ini-alasan-mengapa-setelah-menangis-tubuh-terasa-lelah-dan-pusing/

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.