Ingin Punya Anak Kembar, Ini Solusinya

No comment 20 views

IDNews.co.id – Jonathan Frizzy, Cynthia Lamusu dan Surya Saputra, dan Marissa Nasution adalah lebih dari satu artis Indonesia yang mujur karena dapat hamil kembar. Apakah Anda tertarik untuk mengalami hal yang sama?

Tidak dimungkiri, dapat hamil kembar memang adalah satu hal yang istimewa. Pasalnya, data mencatat kalau peristiwa hamil kembar adalah hal yang cukup langka. Ini karena situasi itu cuma terjadi jumlah tiga dari seratus masalah kehamilan setiap tahun, karena tak terus terusan dapat dilakukan melalui sebuah ‘program kehamilan’.

Banyak studi yang sebutkan kalau peluang untuk hamil kembar bisa diperbesar dengan bertindak tersebut ini :

1. Mengonsumsi obat penyubur kandungan

Setiap bulan, biasanya indung telur (ovarium) cuma keluarkan satu sel telur. Jika satu sel telur itu dibuahi sperma, jadi kehamilan tak kan terelakkan. Itu penyebabnya kehamilan dengan janin tunggal lebih mungkin terjadi dibanding dengan kehamilan kembar.

Tetapi dengan mengonsumsi obat penyubur kandungan, indung telur akan dirangsang untuk membuahkan lebih dari satu sel telur saat masa subur. Bila beberapa sel telur itu dibuahi oleh sperma, jadi kehamilan kembar lebih mungkin untuk terjadi.

The American Society for Reproductive Medicine sebutkan kalau tiga dari sepuluh wanita yang menggunakan obat penyubur kandungan dengan kandungan gonadotropin sukses memiliki kehamilan kembar.

2. Program bayi tabung

Program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF) adalah satu diantara teknologi reproduksi yang cukup dapat dihandalkan untuk membuahkan hamil kembar. Bayi tabung dilakukan dengan cara ambil sel telur calon ibu dan sperma calon bapak, lalu sel telur dan sperma itu dipertemukan di sebuah cawan petri di laboratorium sampai terjadi banyak embrio (akan janin).

Kemudian, dokter akan bertindak medis untuk menyimpan embrio tersebut di rahim ibu. Lalu, dokter akan menyuntikkan lebih dari satu jenis obat untuk menunjang embrio itu dapat menempel di rahim ibu dan bertumbuh jadi janin.

Untuk tingkatkan kesempatan hamil kembar, dokter bisa memasukkan lebih dari satu embrio kedalam rahim ibu. Bila semuanya embrio itu bertahan dan jadi janin, jadi hamil kembar akan terjadi.

3. Hamil pada umur diatas 30 tahun

Wanita yang hamil pada umur diatas 30 tahun memiliki kesempatan lebih tinggi untuk membuahkan lebih dari satu sel telur ketika masa subur. Hal ini akan tingkatkan kesempatan terjadinya kehamilan kembar.

Tetapi butuh diingat kalau makin tua umur wanita mengandung, makin besar juga resikonya untuk mengalami komplikasi saat kehamilan dan persalinan.

4. Memiliki kisah kembar di keluarga

Jika wanita memiliki keturunan kembar fraternal (tak identik) dalam keluarga, jadi kesempatan hamil kembar semakin lebih besar. Menurut The American Society for Reproductive Medicine, satu dari enam puluh wanita yang disebut kembar fraternal akan mengandung anak kembar juga.

Tersebut empat cara yang nyata-nyata bisa dibuktikan dengan klinis bisa tingkatkan kesempatan terjadinya kehamilan kembar. Terkecuali cara diatas, umpamanya tempat seks atau mengonsumsi makanan spesifik, sampai saat ini belum bisa dibuktikan tingkatkan kesempatan untuk hamil kembar.

Resiko yang lebih besar

Meski dapat hamil kembar adalah hal yang fantastis, Anda mesti tahu kalau situasi itu juga memiliki segudang resiko buat ibu dan janin.

Resiko yang dapat terjadi pada ibu, salah satunya :
  • Hipertensi dalam kehamilan
  • Preeklamsia atau keracunan kehamilan
  • Solusio plasenta alias terlepasnya plasenta dari Rahim
Sedangkan resiko yang bisa terjadi pada janin, yakni :
  • Lahir dengan prematur
  • Berat badan lahir rendah
  • Pertumbuhan didalam kandungan terhalang.

Jadi, sebelumnya memutuskan untuk hamil kembar, Anda dan pasangan disarankan untuk pikirkan semua sesuatunya dengan masak. Terkait hal ini, jangan sangsi untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan.(ndi)

Posting Ingin Punya Anak Kembar, Ini Solusinya ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Ingin Punya Anak Kembar, Ini Solusinya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.