India Mau Belajar dari Indonesia Soal Tangkal Radikalisme

IDNews.co.id – Sebagai sesama negara demokrasi terbesar di Asia, Indonesia dan India memiliki banyak persamaan. Kedekatan itu buat hubungan kedua negara selalu ditingkatkan.

Menteri Luar Negeri India, Sushma Swaraj, akan bertandang ke Indonesia pada 5 Januari 2018, untuk mengulas beraneka gossip dan kerja sama strategis. Pertemuan yang akan dilakukan dalam format Sidang Komisi Bersama ini merupakan yang kelima kalinya ditunaikan oleh kedua negara.

Direktur Asia Selatan dan Tengah dari Kementerian Luar Negeri RI, Ferdy Piay, mengutarakan gossip yang akan dibicarakan oleh Menlu India dan Menlu RI merupakan tentang gossip strategis. Kedua negara udah memiliki kemitraan strategis sejak tahun 2005 dibidang politik, ekonomi, keamanan dan sosial budaya.

” Jadi kajian pada kedua Menlu akan tentang pilar-pilar itu. Keduanya akan juga mengulas arsitektur regional di kawasan Asia, mengingat kedua negara adalah negara besar di kawasan ini, ” kata Ferdy di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat.

India dan Indonesia memiliki kebutuhan yang sama-sama untungkan. Untuk Indonesia, India adalah negara maksud export terbesar pertama untuk produk kelapa sawit. Disamping itu dibidang daya, India juga jadi negara maksud export terbesar kedua untuk produk batu bara Indonesia.

” Nilai perdagangan kita dengan India mencapai US$14 milyar, dan itu Indonesia mengalami surplus sebesar US$5-6 milyar. Untuk India, kita juga negara nomor satu yang mengimpor kelapa sawit, ” tutur Ferdy.

Dibidang keamanan terkait dengan gossip terorisme, Indonesia akan mendorong kerja sama dibidang deradikalisasi. India menilainya Indonesia memiliki beraneka nilai kesamaan dan multikultur, termasuk dengan gossip deradikalisasi hingga, menurut Ferdy, India menginginkan belajar dari Indonesia. (ndi)

Posting India Mau Belajar dari Indonesia Soal Tangkal Radikalisme ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 5, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.