Ibu, Jangan Biasakan Anak Minum Susu Sambil Tiduran

DokterSehat.Com– Memberikan susu botol pada bayi saat ia sedang berbaring mungkin membuatnya terlihat nyaman. Selain bayi menjadi lebih tenang, ibu juga dapat melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Namun di balik kenyamanan yang terlihat, memberikan susu botol pada bayi yang sedang tiduran sebenarnya berdampak negatif bagi bayi.

doktersehat-botol-bayi-minum-bpA

Beberapa bahaya yang dapat terjadi jika memberikan susu botol pada bayi saat ia sedang tertidur adalah:
1. Tersedak
Bayi yang minum susu dalam posisi tiduran dapat meningkatkan risiko susu masuk ke saluran paru-laru dan menyebabkan tersedak. Refleks bayi belum bisa sebaik orang dewasa sehingga saat tersedak dikhawatirkan bayi belum bisa bangun atau segera menunjukkan tanda-tanda jika ia tersedak. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan kematian pada bayi. Selain itu sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum susu botol sambil tiduran dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gejala pernapasan kronis.

2. Risiko kerusakan gigi
Pada bayi yang sudah tumbuh gigi, minum susu botol sambil tidur hingga tertidur dapat menyebabkan risiko kerusakan gigi. Gula pada susu yang mengendap dalam mulut bayi dalam waktu lama dapat berubah menjadi asam dan merusak gigi bayi.

Sebaiknya biasakan anak menyusu dan menyikat giginya sebelum tidur. Jika anak belum memiliki gigi, Anda bisa membersihkan giginya dengan menyeka gusi menggunakan lap yang berbahan lembut dan dibasuh dengan air hangat. Jika anak sudah memiliki gigi, Anda bisa mengajaknya untuk menyikat gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi khusus bayi.

3. Risiko infeksi telinga
Minum susu dalam posisi berbaring dapat membuat air masuk ke tenggorokan lalu mengalir ke telinga bagian tengah. Hal ini dapat menyebabkan si kecil mengalami infeksi telinga. Hal ini biasanya ditandai dengan demam, keluarnya cairan berawarna putih kekuningan dari telinga si kecil atau muncul bau busuk dari telinganya.

4. Ketergantungan pada susu
Seringnya memberi botol susu setiap sebelum tidur dapat membuatnya ketergantungan pada susu botol. Jika tidak ada susu botol, ia akan kesulitan untuk tidur seperti gelisah dan rewel. Hal ini tidak baik bagi perkembangan bayi karena akan menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan hingga ia tumbuh besar. Untuk mengatasinya, sebaiknya ubah kebiasaan minum susu tersebut secara perlahan-lahan. Anak Anda tetap bisa minum susu sebelum tidur, namun beri jarak beberapa jam sebelum tidur. Ganti ritual sebelum tidur dengan bermain atau mendongeng untuk mengurangi kebiasaannya minum susu sebelum tidur.

Source: http://doktersehat.com/ibu-jangan-biasakan-anak-minum-susu-sambil-tiduran/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Ibu, Jangan Biasakan Anak Minum Susu Sambil Tiduran"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.