Ibu Hamil Boleh Makan MSG, Asal…

DokterSehat.Com– Ibu hamil tentu perlu memperhatikan kesehatan ibu dan si kecil. Salah satu caranya adalah menjaga asupan makanan dengan makanan sehat karena apa pun yang dimakan oleh ibu akan berdampak bagi kesehatan bayi yang dikandungnya.

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

doktersehat-kehamilan-mengecat-rambut-berbahaya

Salah satu makanan yang sering jadi pantangan ibu hamil adalah makanan yang mengandung monosodium glutamat alias MSG. MSG merupakan penggabungan antara sodium atau natrium (garam), asam amino glutamate, dan air. MSG dalam masakan memberikan rasa gurih yang khas, atau disebut rasa umami di negara asalnya, Jepang.

Rasa gurih dari MSG dihasilkan dari fermentasi dengan tetes tebu yang dibantu oleh bakteri Brevi bacterium lactofermentum yang kemudian menghasilkan asam glutamate. Setelah itu hasil fermentasi tersebut ditambahkan garam sehingga menghasilkan bubuk MSG mirip kristal putih berkilau. Sebagai bumbu untuk memperkaya rasa masakan, MSG dikategorikan sebagai GRAS atau diakui aman oleh Food And Drug Administration. Jika memang aman, benarkah MSG boleh disantap oleh ibu hamil?

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa boleh-boleh saja menambahkan MSG ke dalam makanan Anda saat hamil asal tidak terlalu berlebihan. Beberapa makanan yang mengandung MSG antara lain makanan cepat saji, daging olahan dan sayur kalengan. Sebaiknya Anda memang membatasi makanan yang mengandung MSG karena peningkatan konsumsi garam saat hamil dapat menahan air dalam tubuh dan menyebabkan darah tinggi.

Bagi beberapa orang, MSG memberi reaksi tertentu seperti jantung berdebar, wajah memerah, nyeri dada, hingga kesemutan di wajah dan leher. Meskipun belum ada penelitian khusus mengenai konsumsi MSG dan gejala tersebut, namun sebaiknya jika sebelum hamil Anda sudah memiliki reaksi tersebut saat menyantap MSG, maka sebaiknya Anda menghindari mengonsumsi MSG saat hamil.

Jadi sebaiknya, baik Anda dalam kondisi hamil atau tidak, Anda tetap memerhatikan komposisi makanan yang Anda santap. Jika menurut Anda terlalu banyak kandungan MSG, sebaiknya hindari makanan tersebut dan beralih ke pilihan makanan yang lebih sehat.

Source: http://doktersehat.com/ibu-hamil-boleh-makan-msg-asal/

__Posted on
January 26, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.