Hati-Hati, Alat Dapur Ini Jadi Penyebab Terbesar Penyebaran Penyakit

DokterSehat.Com– Mulai sekarang, Anda harus lebih memperhatikan kebersihan di dapur kesayangan Anda agar terhindar dari penyakit. Kebersihan alat masak tentu penting karena setiap hari selalu Anda gunakan untuk memasak makanan.

dapur-doktersehat

dapur-doktersehat

Photo Credit: Flickr.com/Lucy Crosbie

Nah, untuk membersihkan peralatan dapur maupun tangan Anda, pasti menggunakan kain lap. Alat ini memang sangat membantu para ibu rumah tangga, tapi tahukah Anda, ternyata kain lap ini bisa menjadi sumber penyakit.

Hal ini terbukti secara ilmiah bahwa kain lap Anda adalah penyebab terbesar penyebaran penyakit bawaan makanan.

Sebuah studi di Universitas Negeri Kansas pada 2015, menemukan bahwa orang terlalu sering menyentuh kain lap mereka sebelum mencuci tangan mereka atau setelah mencuci tangan mereka yang tidak bersih, sehingga menyebabkan kontaminasi pasa kain lap.

Jika seseorang mencuci tangan dengan benar dan kembali menggunakan kain lap, namun kondisi kain lap yang masih kotor akan mengkontaminasi tangan mereka lagi.

Periset menemukan bahwa handuk kain bisa cepat terkontaminasi mikroorganisme. Mikroorganisme dan bakteri seperti salmonella bisa tumbuh dengan kecepatan tinggi pada permukaan kain saat dibiarkan semalam, bahkan saat kain itu dicuci. Bayangkan keesoan paginya Anda menggunakan kain itu untuk mengeringkan mangkuk.

kain-lap-doktersehat
__Posted on
January 9, 2018
__Categories
Kesehatan, Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.