Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Ginjalmu Rusak

IDNEWS.CO.ID – Seperti yang kita ketahui, ginjal merupakan salah satu organ dalam manusia yang memiliki banyak peran bagi kelangsungan hidup. Tanpa disadari, kita sering lupa tentang pentingnya ginjal yang dapat merusak parah dan menyebabkan efek samping yang lebih parah.

Sementara fungsi ginjal sendiri dapat menghilangkan pemborosan, sel-sel mati, racun, kelebihan air dan bisa menyaring darah. Menurut HealthLine, kerusakan ginjal di Amerika sering disebabkan oleh beberapa kondisi seperti darah tinggi, diabetes dan kondisi kronis lainnya.

Bahkan adanya penyakit ginjal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya, lantaran saraf mengalami kerusakan, kekurangan gizi dan tulang menjadi lemah. Nah dari kondisi tersebut, banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan buruk yang membuat ginjal menjadi rusak. Apa saja kebiasaan tersebut? simak semuanya dibawah ini.

1. Dehindrasi

Jika tubuh seseorang tidak cukup mengkonsumsi air, maka fungsi ginjal akan berkurang secara signifikan dan bisa mengarah ke batu ginjal atau menyebabkan ginjal kronis.

2. Merokok

Selain itu, mereka yang sering merokok, secara drastis dapat mengurangi fungsi ginjal secara bertahap.

3. Konsumsi banyak protein

Sementara mereka yang sering mengkonsumsi makanan tinggi protein, dapat menyebabkan hiperfiltrasi ginjal dan membuat penderita mengalami ginjal kronis.

4. Telalu banyak gula

Begitu pula dengan makanan tinggi gula, sebaiknya konsumsi sewajarnya saja. Lantaran jika terlalu banyak, maka jumlah gula dalam tubuh akan tinggi dan dapat merusak ginjal secara serius.

5. Soft drink

Dari beberapa kasus yang ditelaah, banyak orang yang memiliki riwayat ginjal dengan alasan sering mengkonsumsi soft drink seperti konsumsi soda kaya aditif dan fruktosa-glukosa.

Dan minuman-minuman ini, dapat merusak organ-organ penting yang bisa meningkatkan risiko penyakit ginjal kronis.

6. Konsumsi obat-obatan

Sebuah studi menemukan bahwa penggunaan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit dalam jangka waktu panjang, ternyata bisa menggandakan risikonya menjadi kanker ginjal.

Dengan begitu, bila Anda sering mengkonsumsi obat-obatan sebaiknya konsultasikan pada ahlinya untuk meminta resep beserta dosis yang diperlukan sesuai tubuh.

7. Penggunaan obat secara berlebihan

Perlu kamu ketahui, bahwa obat seperti aspirin, ibuprofen dan acetaminophen ini jika dikonsumsi secara berlebihan dapat merusak ginjal Anda hingga menyebabkan fungsi ginjal menurun.

8. Kekurangan magnesium

Sementara tubuh yang kekurangan nutrisi seperti magnesium, dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal dan bisa membuat ginjal menjadi rusak.

9. Latihan ekstrim

Mereka yang selalu melakukan olahraga ekstrim, juga dapat merusak ginjal secara serius loh.

Dengan begitu, Anda perlu konsultasi dengan ahli medis tentang keamanan latihan rutin supaya tidak merusak organ ginjal.

10. Tidur yang buruk

Bila Anda memupunyai pola tidur yang buruk, tentu akan berkaitan dengan hiperfiltrasi ginjal.

Hiperfiltrasi ginjal sendiri merupakan tanda awal, yang mungkin bisa kamu rasakan ketika mengalami penyakit ginjal. (ria)

 

 

The post Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Ginjalmu Rusak appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Hati-hati, 10 Kebiasaan Ini Diam-diam Bikin Ginjalmu Rusak"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.