Hakim Tolak Gugatan Camat Terhadap Bawaslu Jember dan KASN








Jember HalloJatim.com – Majelis hakim yang diketuai Putut Tri Sunarko menolak seluruh gugatan Muhammad Ghozali, Camat Tanggul, terhadap Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam sidang pengadilan negeri setempat, Rabu (13/1/2021).

Bawaslu Jember dan KASN digugat oleh Muhammad Ghozali untuk membayar ganti rugi Rp 533 juta, karena dianggap melakukan perbuatan melawan hukum, menyusul terbitnya surat rekomendasi sanksi terhadap Ghozali terkait pelanggaran netralitas aparatur sipil negara. Ghozali direkomendasikan mendapat sanksi karena terbukti berkampanye untuk kandidat bupati petahana Faida dalam pemilihan kepala daerah.

“Majelis hakim menilai, langkah Bawaslu sudah sesuai prosedur dan sesuai Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilu, karena sudah melalui tahapan-tahapan, mulai dari membentuk tim investigasi, melakukan kajian, rapat pleno, sampai kemudian perbuatan itu dianggap bukan perbuatan melawan hukum sebagaimana didalilkan penggugat,” kata Muhammad Nuril, kuasa hukum Bawaslu Jember.

Menurut Nuril, majelis hakim menilai bahwa jatuhnya sanksi adalah konsekuensi dari perbuatan penggugat sendiri. Semua biaya akibat perbuatan penggugat tidak bisa dibebankan kepada Bawaslu Jember dan KASN. Namun majelis hakim memberikan kesempatan kepada para pihak yang tak sependapat dengan putusan itu untuk melakukan upaya banding dalam waktu 14 hari.

Mohammad Husni Thamrin, pengacara Ghozali mengatakan, pihaknya masih pikir-pikir untuk melakukan banding. “Ini kan bisa banding, tapi karena masih ada waktu 14 hari untuk pikir-pikir, kami pikir-pikir dululah,” katanya. [wir/but]


















Artikel ini telah tayang di beritajatim.com

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Hakim Tolak Gugatan Camat Terhadap Bawaslu Jember dan KASN"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.