Gus Solah Antisipasi Gerindra-PKS Usung Yenny Wahid di Jatim

IDNews.co.id – Pengasuh Pesantren Tebuireng, Salahuddin Wahid alias Gus Solah, mengingatkan agar para tokoh Nahdlatul Ulama (NU) melindungi kondusivitas Jawa Timur selama rangkaian penyelenggaraan penentuan gubernur pada 2018.

Adik mendiang mantan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu mewanti-wanti, karena ada dua kader NU, yakni Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf, mencalonkan gubernur Jawa Timur. Ketidaksamaan pilihan politik diingatkan supaya tak hingga mempengaruhi keutuhan NU.

” Saya hanya menyampaikan pada tokoh-tokoh NU, kita jaga, jangan rusak, jangan kita ganggu keutuhan NU, ” tuturnya usai mengikuti Khofifah dan Emil Dardak di kantor pusat Partai Nasdem di Jakarta pada Selasa malam, 2 Januari 2018.

Gus Solah mengutamakan, privat Muslimat NU, organisasi wanita Nahdliyin, yang terancam terpecah belah bila ada pihak-pihak luar yang memaksakan memajukan calon beda. “Jangan hingga anggota Muslimat dipaksa oleh tokoh NU yang tidak dari Muslimat, ” katanya.

Nasdem resmi mendukung Khofifah berpasangan dengan Emil Dardak, saat ini bupati Trenggalek, maju dalam Penentuan Gubernur Jawa Timur. Partai Golkar, Hanura, dan Demokrat juga sudah memberikan referensi untuk duet Khofifah-Emil.

Khofifah-Emil akan berkompetisi mempertandingkan suara warga Jawa Timur dengan pasangan beda yang kader NU, yakni Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas. Pasangan itu di dukung PKB dan PDIP.

Gus Solah mengerti, ketidaksamaan pilihan mustahil terhindar. Namun, mewanti-wanti sama-sama melindungi supaya kondisi politik tak memanas seperti dalam Pilkada DKI Jakarta pada 2017, terlebih jika Partai Gerindra dan PKS memutuskan mencalonkan Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, putri Gus Dur.

” Jadi, bila anggota Muslimat dipengaruhi atau dipaksa, itu mengganggu, dan tak mensyukuri nikmat Tuhan berwujud oranisasi Muslimat NU. Pasti tambah baik satu. Tapi sesungguhnya ada dua (kader NU). Saat ini bagaimana ada dua calon ini tidak mengganggu keutuhan NU dan mengganggu keutuhan Muslimat NU, ” pungkasnya. (ndi)

Posting Gus Solah Antisipasi Gerindra-PKS Usung Yenny Wahid di Jatim ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.