Gunung Agung Erupsi, Pengungsi Capai 47.268 Jiwa

IDNews.co.id – Setelah BNPB keluarkan Status Awas (level IV), sejumlah 47. 268 jiwa yang ada di radius 6 kilometer dari Gunung Agung terpaksa diungsikan. Mereka ditaruh di 229 titik pengungsian diluar radius bahaya.

” Sudah diungsikan, BNPB dan unsur terkait selalu memberikan pendampingan dan pertolongan terhadap pemda dan orang-orang yang terdampak erupsi Gunung Agung, ” sebut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui rilisnya Senin (15/1).

Dia mengatakan, masih terdapat banyak persoalan dalam perlakuan pengungsi. Mulai dari aktivasi posko yang belum jalan normal, lalu distribusi logistik ke pos pengungsian belum lancar dan persoalan yang lain. Koordinasipun selalu dilakukan dengan beragam pihak untuk menanggulangi semuanya masalah di lapangan.

Orang-orang juga diimbau selalu untuk tingkatkan kewaspadaan hadapi erupsi susulan. Karena pantauan PVMBG melaporkan aktivitas vulkanik Gunung Agung masih cukup tinggi.

Rekaman seismograf pada 14/1/2018 terdaftar nihil Gempa Tektonik Lokal (TL), 7 kali Gempa Vulkanik Dalam (VA), 6 kali Gempa Vulkanik Dangkal (VB), Nihil Gempa Low-Frekuensi (LF), 24 kali Gempa Hembusan, dan Tremor menerus dengan amplitudo 1-5 mm (menguasai 1 mm).

Berdasarkan laporan, hujan abu vulkanik tidak tebal dilaporkan jatuh di sebagian desa seperti di Desa Kesimpar, Desa Datah Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Tetapi aktivitas orang-orang disana tetap jalan normal. Orang-orang tidak kelihatan cemas mengerti erupsi Gunung Agung. (ndi)

Posting Gunung Agung Erupsi, Pengungsi Capai 47.268 Jiwa ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 15, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.