Grab Dikabarkan Telah Memilih SPAC yang Akan Melanggengkan Proses IPO

Grab dikabarkan akan segera melantai di bursa saham Amerika Serikat (AS) setelah menyelesaikan kesepakatan merger dengan salah satu perusahaan akuisisi bertujuan khusus (SPAC) yang berafiliasi dengan Altimeter Capital Management LP. Laporan Financial Times mengungkapkan kesepakatan merger akan selesai dalam satu minggu ke depan.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Grab akan merger dengan Altimeter Growth Corp 1 dan founder Grab Anthony Tan akan mendapatkan 2 persen saham dari entitas gabungan yang akan didaftarkan di bursa saham tersebut. Aksi korporasi ini diperkirakan bakal meningkatkan valuasi Grab dari angka US$16 miliar (sekitar Rp233 triliun) saat ini menjadi US$35 miliar (sekitar Rp501 triliun).

Perusahaan ride-hailing yang berbasis di Singapura ini akan mengumpulkan dana sebesar US$2,5 miliar (sekitar Rp36 triliun) dari investor swasta (Private Investment in Public Equity/PIPE). Altimeter Capital juga turut berpartisipasi dalam pendanaan ini dengan investasi sebesar US$1,2 miliar (sekitar Rp17 triliun).

Menurut laporan Financial Times, Grab sejauh ini sudah mengumpulkan total pendanaan sebesar US$12 miliar (sekitar Rp174 triliun) dan memiliki dana sekitar US$5 miliar (sekitar Rp72 triliun) dalam bentuk cadangan kas.

Pada awal bulan Maret 2021, Grab sudah dikabarkan dalam tahap pembicaraan dengan SPAC yang berafiliasi dengan Altimeter Capital Management LP. Namun, belum disebutkan SPAC mana yang akan merger dengan Grab. Altimeter diketahui memiliki dua perusahaan cek kosong yaitu Altimeter Growth Corp 1 dan Altimeter Growth Corp 2.

Rencana Grab melakukan penawaran saham perdana (IPO) melalui opsi merger dengan SPAC sudah berhembus saat Grab dikabarkan menunjuk Morgan Stanley dan JP Morgan Chase & Co untuk mencari SPAC yang memungkinkan merger dengan mereka.

(Diedit oleh Aditya Hadi Pratama)

Artikel ini telah tayang di id.techinasia.com

__Posted on
April 8, 2021
__Categories
Peristiwa, Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.