Glints Raih Pendanaan Rp326 Miliar, Klaim Sebagian Besar Bisnisnya Sudah Laba

Startup solusi pekerjaan Glints menghimpun pendanaan sebesar US$22,5 juta (sekitar Rp326 miliar) dalam putaran Seri C. Pendanaan kali ini dipimpin oleh perusahaan sumber daya manusia (SDM) asal Jepang, Persol Holdings, serta diikuti sejumlah investor lama seperti Monk’s Hill Ventures, Fresco Capital, Mindworks Ventures, hingga Wavemaker Partners. Co-founder Flipkart, Binny Bansal, dan mantan eksekutif Goldman Sachs, Xiaoyin Zhang, juga turut terlibat.

Dana segar yang diperoleh hendak digunakan untuk membangun ekosistem pencarian talenta, yang bertujuan membantu pengembangan karier dari 120 juta SDM profesional di Asia Tenggara. Glints juga berencana mengembangkan perusahaannya di Singapura, Indonesia, Vietnam, dan Taiwan, serta menambah jumlah tim produk dan engineer.

Startup asal Singapura ini berencana menambah jumlah produk yang ada dalam ekosistem miliknya, seperti forum karier Glints Community, bootcamp Glints Academy, dan pelatihan profesional Glints ExpertClass.

“Kami akan menjadikan Glints sebagai platform talenta yang lengkap, guna mendukung para profesional di Asia Tenggara sehingga mereka dapat menemukan dan mengembangkan karier, serta memecahkan masalah bagi pemberi kerja yang kesulitan mencari talenta yang tepat,” ujar Oswald Yeo, co-founder dan CEO Glints.

Saat ini Glints sudah memiliki beberapa klien perusahaan seperti Gojek, Tokopedia, FWD Insurance, Starbucks, AIA Group, United Overseas Bank, dan Mediacorp.

Oswald Yeo mengungkapkan perusahaannya menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari lonjakan permintaan terhadap perekrutan jarak jauh (remote hiring) setelah pandemi COVID-19 merebak. Pihak Glints mengklaim lonjakan permintaan ini berhasil menggandakan pendapatan tahunan mereka pada tahun 2020.

Glints juga mengklaim operasionalnya di Indonesia, Vietnam, dan Singapura sudah berhasil meraup keuntungan. Sementara bisnisnya di Hong Kong dan Taiwan disebut telah berada di jalur tepat untuk meraih laba pada akhir 2021.

Sebelumnya, Glints sudah menggumpulkan US$6,8 juta (sekitar Rp97 miliar) dalam putaran pendanaan seri B yang dipimpin perusahaan modal ventura Monk’s Hill Ventures pada Agustus 2019.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di id.techinasia.com

__Posted on
April 6, 2021
__Categories
Peristiwa, Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.