Girder Baja Bisa Jadi Opsi Proyek Konstruksi

IDNews.co.id – Kecelakaan pelaksanaan proyek infrastruktur di Tanah Air terakhir ini dinilai butuh dilakukan kajian yang mendalam. Sebab, proyek itu sebenarnya didesain dari sejak hulu sampai hilir.

Peneliti keselamatan konstruksi, Akhmad Suraji, mengatakan, patahnya girder beton di proyek tol Depok-Antasari sebagian saat dulu, pasti mesti diliat dengan socio enginering sistem, biar mungkin saja perhatian semua pihak.

Menurut Akhmad, dengan melihat keseluruhannya, kami tidak mudah dengan segera menyalahkan kondisi di lapangan. Sebab, mungkin kekeliruan itu berasal dari sejak hulunya.

” Dapat saksikan realita di lapangan, bagaimana cara mengangkatnya, tapi ada pula dari bagian desainnya, cara peletakannya bagaimana dengan beton seberat 500 ton, stabil atau tidak, dan anehnya mengapa yang beda berhasil, ” papar Akhmad.

Ia menjelaskan, dalam setiap proyek konstruksi, pastinya memiliki kekhasan, dan segi tersebut yang dapat jadi salah satunya penyebabnya. Karena, mungkin design blok jembatan itu lain dari tanahnya dan elemen beda yang tak dapat diliat.

Dengan hal tersebut, ketua Persatuan Insinyur Indonesia Yogyakarta itu mengharapkan, memerlukan terobosan pemerintah dengan buat komite nasional keselamatan konstruksi, biar dapat menjawab penyebabnya kecelakaan itu dengan tepat.

” Dengan ada komite, kita dapat menghambat peristiwa sama, dan yang tentunya sistem investigasi miliki sifat ilmiah dan objektif, hingga tak sekali lagi salahkan siapa di lapangan tapi melihat elemen dari hulu sampai hilir, ” katanya.

Girder Baja

Disamping itu, terkait dengan pilihan manfaatkan teknologi girder dari baja, Aji panggilan akrab Akhmad Suraji mengungkap, hal itu pantas diperhitungkan oleh semuanya pihak untuk digunakan pada proyek konstruksi.

Tapi, pastinya hal tersebut, lanjut dia, mesti memerhatikan biaya dari proyek, seperti perawatan atau maintenance-nya dalam waktu panjang. Apabila itu, ternyata efektif, pasti jadi pilihan yang begitu baik digunakan ke depan.

Diluar itu, untuk keberlanjutan teknologi girder baja, dia mengharapkan butuh penguatan pada kebijakan pemerintah. Sebab, bila teknologi ini diambil, jadi kebutuhan akan impor baja mesti dapat diatasi.(ndi)

Posting Girder Baja Bisa Jadi Opsi Proyek Konstruksi ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 6, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.