Geger, Warga Temukan Paus Sebelas Meter Mati di Bibir Pantai

IDNEWS.CO.ID – Masyarakat Dusun Rekasan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dikejutkan oleh penemuan seekor paus yang mati di pesisir Pantai Bambang pada Kamis (11/7/2019). Polisi, pemerintah desa, dan masyarakat setelah itu menguburkan paus selama lebih kurang sebelas meter itu.

Mamalia laut mati itu ditemukan pertama kali oleh masyarakat ditempat bernama Siyo (47 tahun). Saat itu, ia akan ke sawah yang tempatnya dekat sama pasisir pantai. Siyo sangsi saat melihat benda besar teronggok dipinggir pantai. Ditambah lagi berbau menusuk menyodok di sekitar area.

Siyo mendekat. Nyatanya, benda besar itu ialah paus yang sudah mati. Langsung Siyo melaporkan apa yang dilihatnya ke aparat Dusun Rekasan, lalu ke kantor Kepolisian Bidang Pasirian. Bersama dengan masyarakat, aparat setelah itu menguburkan paus itu di dekat area ditemukan.

“Lihat situasi ikan paus yang sudah membusuk itu, dimungkinkan ikan paus sebesar empat kali badan orang dewasa itu sudah mati beberapa saat yang lalu di lautan,” kata Kepala Kepolisian Resor Lumajang, Ajun Komisaris Besar Polisi Muhamad Arsal Sahban, dalam keterangan tertulisnya.

Bangkai paus itu, tuturnya, kemungkinan terombang-ambing ditengah-tengah lautan hingga akhirnya terdampar di Pantai Bambang. Ada kemungkinan, mamalia raksasa itu mati karena sudah tua, atau karena situasi laut yang tercemar. Lantaran itu ia tak henti-henti menghimbau orang biar jaga kelestarian laut.

“Untuk kedepannya, mari kita menjaga alam kita biar hal ini tidak terjadi . Kami tetap akan melakukan pengumpulan bukti-bukti tentang sebab-sebab kematian ikan paus itu, adakah pemburuan ikan paus oleh nelayan atau sebab-sebab lain seperti pencemaran di lautan,” tutur Arsal. (ach)

The post Geger, Warga Temukan Paus Sebelas Meter Mati di Bibir Pantai appeared first on IDNews.co.id.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.