Fakta Unik Tentang Pertumbuhan Janin

No comment 22 views

DokterSehat.Com– Selama berada di perut, janin Anda terus berkembang untuk mempersiapkan diri lahir ke dunia. Meski tidak kelihatan, ia sebenarnya sudah mulai belajar mengenal suara dan sentuhan Anda. Apa saja fakta pertumbuhan janin yang perlu diketahui orang tua?

1. Jantung janin sudah bekerja di usia sebulan

Jantung janin mulai terbentuk pada usia kehamilan 5 minggu atau sekitar minggu ketia setelah pembuahan. Jantung bayi mulai terbentuk bersama otak dan beberapa organ lainnya. Meski belum terdeteksi oleh alat, namun jantung janin sebenarnya sudah bekerja sejak usia satu bulan.

doktersehat-usg-kehamilan-hamil-operasi-caesar

2. Tulang janin lebih banyak dari tulang orang dewasa
Tahukah Anda bahwa tulang janin di kandungan lebih banyak daripada tulang orang dewasa? Janin memiliki 300 tulang yang aktif sementara orang dewasa memiliki total tulang yang aktif sebanya 206 tulang.

3. Janin memiliki rambut halus
Sejak di dalam perut, janin diselubungi oleh rambut halus yang disebut lanugo. Rambut ini berfungsi untuk melindungi bayi dan menjaga agar suhu bayi tetap hangat. Lanugo tumbuh ketika bayi berusia 5 minggu dan akan hilang pada usia 7 atau 8 minggu. Pada beberapa kelahiran, lanugo masih akan terbawa hingga lahir lalu rontok pada beberapa minggu kemudian.

4. Bisa merasakan makanan ibu
Para peneliti percaya bahwa janin bisa merasakan beberapa rasa makanan ibu melalui ketubannya. Janin bisa ikut merasakan ketika ibunya menyantap makanan yang memiliki rasa kuat seperti bawang putih, jahe, atau makanan manis. Hal ini merupakan salah satu rangsangan yang baik untuk persiapan si kecil membangun rasa yang akan dirasakan saat lahir.

5. Janin bisa menangis dan tertawa
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa janin pada usia kehamilan 26 minggu sudah bisa menangis. Pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa janin mampu menoleh, membuka mulut dan berekspresi seperti orang menangis. Selain menangis, janin juga dapat menunjukkan ekspresi tertawa.

6. Janin bisa bermimpi
Sejak berada dalam kandungan ternyata janin sudah mulai bisa bermimpi. Hal ini baru terjadi ketika janin berusia 30 minggu dan sudah mengalami tidur dengan REM (Rapid Eye Movement) yang merupakan tahapan tidur dan terjadinya mimpi.

7. Janin bisa membuka mata
Jika Anda melihat dari USG janin, mungkin ia lebih sering terlihat menutup mata. Namun sebenarnya sesekali janin sudah bisa membuka matanya walau belum dapat apa pun. Meskipun demikian, ia sudah dapat mengenali cahaya sejak berada dalam kandungan.

8. Janin ‘memakan’ kembali urinenya
Sebagian besar air ketuban adalah hasil daur ulang dari urin yang dikeluarkan oleh janin. Sejak usia 16 minggu, janin minum melalui air ketuban dan mengeluarkan urine yang akan dioleh kembali menjadi air ketuban. Hal ini diperlukan untuk mengembangkan dan membangun fungsi ginjal pada janin.

Source: http://doktersehat.com/fakta-unik-tentang-pertumbuhan-janin/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Fakta Unik Tentang Pertumbuhan Janin"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.