Event yang Satu Ini Perlu Gaung Maksimal

IDNews.co.id – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra mengaku, dirinya belum merasakan adanya aura demam Asian Games 2018. Sehingga ia meminta Pemerintah untuk meningkatkan sosialisasi gelaran Asian Games 2018 ke seluruh penjuru Tanah Air.

“Sampai saat ini saya belum merasakan adanya demam Asian Games, untuk itu perlu ditingkatkan lagi sosialisasi oleh Pemerintah dan pihak-pihak terkait. Momen Asian Games harus benar-benar digaungkan,” dorong Sutan, saat meninjau  beberapa venue cabang olahraga untuk Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumsel, Kamis (25/1/2018).

Politisi F-Gerindra itu menekankan, dari awal Komisi X DPR menginginkan agar Asian Games ini event berkelas dunia, sehingga bangsa ini menjadi suatu bangsa yang bermartabat.  Untuk mencapai itu, Komisi X telah melakukan langkah strategis dalam persiapan Asian Games melalui empat rekomendasi Panja. Keempat rekomendasi itu berkaitan dengan fungsi pengawasan yang dilakukan DPR RI.

“Pertama dalam mencapai kesuksesan saat penyelenggaraan, hal ini terkait penyelenggaraan fasilitas venue, penginapan atlet sampai kepada lapangan parkir. Fasilitas inilah yang dinilai akan menjadi wajah utama dan martabat Indonesia saat menjadi tuan rumah Asian Games,” jelas Sutan.

Kedua yaitu sukses prestasi. Sutan mengatakan, hal ini menjadi tumpuan yang dipercayakan pada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) melalui peraihan prestasi. Di mana selain telah mengeluarkan biaya yang sangat banyak untuk pembinaan atlet dan pemberian bonus nantinya, Menpora bertanggungjawab dalam perolehan prestasi minimal di urutan tujuh besar.

Ketiga, lanjut Sutan, adalah sukses administrasi. Administrasi ini menjadi perhatian penting bagi Komisi X DPR agar nantinya tidak meninggalkan temuan yang menjadikan masalah di kemmudian hari. Terutama bagi Kemenpora dalam pembinaan atlet ataupun Kementerian PUPR dalam pembangunan venue.

“Dan yang terakhir adalah sukses dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, kami mau ada pembinaan ekonomi dan harus melibatkan semua lapisan masyarakat. Masyarakat harus terlibat dan merasakan langsung manfaat Asian Games,” imbuh Sutan.

Di sisi lain, Sutan menekankan, tujuan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X ke Palembang adalah untuk memantau progres pembangunan dan renovasi sejumlah arena olahraga di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) yang akan digunakan untuk  penyelenggara Asian Games 2018, serta untuk mengetahui sejauh mana koordinasi antara panitia pusat dan daerah.

“Kondisi venue saya lihat, ini tinggal finishing semuanya. Tinggal bagaimana nanti koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pusat agar apapun yang kita khawatirkan atau tidak selesai, nanti dapat terselesaikan,” tutup politisi asal dapil Jambi itu. (par/fat)

Posting Event yang Satu Ini Perlu Gaung Maksimal ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 27, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.