Dua Gadis Berkerudung Ditangkap Selundupkan Hampir 2 Kg Sabu

IDNews.co.id – Dua gadis berkerudung di tangkap aparat Bea dan Cukai setelah didapati coba menyelundupkan sabu-sabu melalui Bandara Adi Soemarmo di Solo, Jawa Tengah. Mereka membawa narkotika itu dari Malaysia.

Dua wanita warga Indonesia itu diketahui berinisial S dan A, masing-masing berumur 25 tahun dan 21 tahun. Dari mereka ditemukan sabu-sabu seberat 970 gram dari S dan 972 gram dari A, keseluruhan hampir dua kilogram.

Mereka mengakui membawa barang haram itu dari Kuala Lumpur, Malaysia, dengan menumpang pesawat AirAsia nomor penerbangan AK356. Sabu-sabu didalam dinding bawah karton bagasi. Di atasnya tertutupi barang beda berbentuk pakaian, popok bayi, dan beberapa barang kebutuhan sesehari.

” Atas keraguan pada barangbawaan punya penumpang, selanjutnya dilakukan kontrol dan ditemukan kristal bening yang diduga narkotika itu, ” kata Kepala Pengawasan dan Service Bea dan Cukai Surakarta, Kunto Prasi Trenggono, dalam konferensi pers pada Rabu (10/1/2018).

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap kedua wanita itu sisi dari sindikat internasional dengan wilayah operasi Malaysia dan Indonesia. Aparat menengarai mereka bekerja sebagai kurir atas perintah seorang bandar berinisial RZ, warga Indonesia juga. Para kurir dijanjikan penghasilan sebesar Rp30 juta.

” Dari janji penghasilan tiga puluh juta, mereka baru terima satu juta rupiah. Mereka juga paham jika kardus itu diisi sabu-sabu, ” kata Kepala Provinsi Jawa Tengah, Brigadir Jenderal Polisi Tri Agus Heru, dalam konferensi pers itu.

Sabu-sabu itu, kata Agus, akan diedarkan di wilayah Jawa Timur jika paket lolos dari kontrol di Bandara Adi Soemarmo. ” BNN akan laksanakan pengembangan penyelidikan tentang bandar di Malaysia yang memerintahkan mereka, ” tuturnya.

Tersangka S dan A dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar.

Tetapi karena barang buktinya lebih dari lima gram, pelaku diancam dengan hukuman pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling lama 20 tahun. (ndi)

Posting Dua Gadis Berkerudung Ditangkap Selundupkan Hampir 2 Kg Sabu ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 10, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.