Diperiksa Penyidik Kasus Novel Baswedan, Pria Ini Dipecat dari Pekerjaannya

IDNews.co.id – Komisioner Ombudsman Dr Adrianus Meliala mendatangi gedung Direkrorat Reskrimum Polda Metro Jaya. Ia datang untuk mempertanyakan proses pemeriksaan terhadap seorang pria berinisial AL yang dipecat dari pekerjaanya sebagai satpam lantaran diduga sebagai pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Adrianus menjelaskan, AL diperiksa tim penyidik Polres Jakarta Utara dalam kasus penyiraman air keras terhadap Novel pada 11 April 2017. Akibat pemeriksaan itu, AL dicemooh berbagai pihak, bahkan dituding sebagai terduga pelaku penyiraman air keras itu. “Bahkan karena tudingan itu, AL diberhentikan dari pekerjaannya sebagai sekuriti,” terang Adrianus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/1).

Untuk itu, Adrianus mengatakan pihaknya harus menemui pihak penyidik yang khusus menangani kasus teror terhadap Novel itu. Tujuannya untuk membahas dugaan salah tangkap terhadap AL.

Usai pertemuan, Adrianus mendapat penjelasan penyidik bahwa AL tidak pernah diposisikan sebagai terduga pelaku, apalagi sebagai tersangka oleh polisi. “Sebetulnya tidak ada penangkapan terhadap AL, dan bukan tersangka. Tapi dia diperiksa sebagai saksi. Krena pemeriksaan itu tersiar kabar kalau AL adalah pelaku, sehingga dia dipecat dari pekerjaannya,” ungkap Adrianus yang juga mantan komisioner Kompolnas ini.

Ia juga menjelaskan, pihaknya tetap akan memeriksa kelengkapan surat-surat administrasi penyidik terkait pemeriksaan AL di Polres Jakarta Utara pada Mei dan Juni 2017 lalu.

“Kami juga akan cek surat-surat kelengkapan administrasinya penyidikan dan sekarang masih berlangsung. Selanjutnya pada hari Selasa 30 Januari nanti, Ombudsman akan memberikan laporan akhir hasil pemeriksaan kami. Pada 30 Januari nanti kami akan memaparkan apa saja temuan-temuan kami, apa saja kesalahan pihak kepolisian, serta langkah apa saja sebagai koreksi kami terhadap pihak kepolisian dan pihak-pihak lain,” urai Adrianus.

Dalam kesempatan itu, Adrianus juga mengatakan, kalau pihak Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta juga sudah meminta keterangan AL untuk mengetahui apa saja yang dialaminya saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Jakarta Utara itu.

Dia menegaskan, sesuai penyelidikan pihaknya maupun keterangan pihak Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya maka bisa dipastikan AL tidak terlibat dalam kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. “Ketidakterlibatan AL terlihat lewat profiling yang ada pada AL, lalu pengecekan alibi AL dan penelusuran rekam jejak digital AL oleh kepolisian,” tandas dia.

Masih di Mapolda Metro Jaya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan kedatangan tim Ombudsman untuk mengklarifikasi pemeriksaan terhadap AL itu. “Sebab meski diperiksa sebagai saksi, namun berdampak negatif dalam kehidupan AL. Karena jadi banyak yang bilang dia adalah terduga pelaku. Akibatnya dia (AL) dikeluarkan dari pekerjaannya sebagai sekuriti di sebuah tempat hiburan malam di Jakarta Pusat. Ini yang membuat AL melapor ke Ombudsman,” terang Argo.

Argo juga memastikan kalau AL bukanlah pelaku dan bukanlah korban salah tangkap. Dalam pemeriksaan, pihaknya kata Argo sudah sesuai prosedur, karena ada masa pemeriksaan 1 x 24 jam, dan tidak dilakukan penahanan. Bahkan sebelum 24 jam AL sudah dipulangkan.

Diungkapkannya, dalam pemeriksaan di Polres Jakarta Utara itu AL ditanya penyidik berada dimana, sebelum kejadian pada 11 April 2017 AL kemana saja, kalau cuti ditanyanya kepada keluarganya benarkah cuti, kalau keluar apkah ada saksi yang melihat.

“Kami tanya juga jam berapa menggunakan motornya, hasilnya apa yang dijawabnya serta alibinya menegaskan bahwa dia bukan pelakunya. Intinya kami sudah bekerja secara profesional, hasilnya yang bersangkutan hanya sebagai saksi. Penyidik sudah menjelaskan ke Ombudsman seperti apa ceritanya, kronologinya, dan apa fakta hukumnya,” pungkas Argo. (dus)

Posting Diperiksa Penyidik Kasus Novel Baswedan, Pria Ini Dipecat dari Pekerjaannya ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Diperiksa Penyidik Kasus Novel Baswedan, Pria Ini Dipecat dari Pekerjaannya"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.