Dikabarkan Ikut Pilkada, Tiga Jenderal Polisi Dimutasi

IDNews.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian keluarkan surat telegram (ST) mutasi sejumlah jenderal polisi. Dalam surat telegram itu, ada tiga nama jenderal polisi yang diindikasikan akan ikuti kontestasi di Pilkada 2018.

Dalam Surat Telegram bernomor ST/16/I/2018 tertanggal 5 Januari 2018, tiga jenderal yang terkena mutasi yakni Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Safaruddin, Dankorbrimob Mabes Polri, Irjen Murad Ismail dan Wakalemdiklat Polri, Irjen Pol Anton Charliyan.

Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin dimutasi sebagai Pati Baintelkam Polri dalam rencana pensiun. Tempatnya digantikan oleh Brigjen Pol Priyo Widyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jambi. Sementara Safaruddin diketahui masuk dalam bursa di Pilkada Kaltim.

Kemudian, Wakalemdiklat Irjen Anton Charliyan dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Jabatan Anton ditukar oleh Irjen Sigit Sudarmanto yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Anton disebut-sebut pingin coba peruntungan Pilkada Jawa Barat.

Selanjutnya, Dankorbrimob Polri Irjen Murad Ismail dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Brigade Mobile Korbrimob Polri. Jabatan Murad digantikan oleh Brigjen Pol. Rudy Sufahriadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulteng. Murad diusung PDIP dan NasDem sebagai calon Gubernur Maluku.

Terkecuali tiga jenderal itu, satu nama anggota Polri juga yang dimaksud akan terjun ke dunia politik. Dalam Nomor ST/17/I/2018 tanggal 5 Januari 2018, Kapolres Manggarai Polda NTT, AKBP Marselis Sarimin dimutasikan sebagai Pamen Polda NTT. Jabatannya digantikan oleh AKBP Cliffry Steiny Lapian yang sebelumnya menjabat Pamen Polda NTT. Marselis dimaksud akan ikuti Pilkada Manggarai Timur (Matim).

Kepala Biro Penerangan Warga Humas Polri, Brigjen Pol. Mohammad Iqbal mengatakan, mutasi ini merupakan sistem umum di korps Polri.

” Ini umum tur of duty. Diluar itu ada pula yang masuk masa pensiun seperti pak Safaruddin, ” kata Iqbal.

Tetapi mantan Kapolrestabes Surabaya ini tak menyanggah jika mutasi para perwira tinggi dan menengah Polri itu dalam rencana menindaklanjuti gelagat para anggota itu yang terjun ke dunia politik.

” Ya terkait pilkada juga, ” tukasnya. (ndi)

Posting Dikabarkan Ikut Pilkada, Tiga Jenderal Polisi Dimutasi ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 6, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.