Cuci Sayur dan Buah Pakai Cairan Ini

No comment 17 views

DokterSehat.Com– Sudah banyak kita ketahui bahwa dalam proses penanaman sayur dan buah di perkebunan. Sayur dan buah tersebut rentan akan adanya kontaminasi, baik kontaminasi dari penggunaan pestisida, kontaminasi secara fisik misalnya adanya tanah, kotoran pada bahan makanan, serta kontaminasi secara biologis dari adanya mikroba atau bakteri pada sayur dan buah.

mencuci-buah-dan sayur-doktersehat

Banyak cara yang dilakukan oleh petani atau produsen sayur dan buah untuk mengurangi kontaminasi tersebut. Produk-produk yang dikembangkan untuk mengurangi kontaminasi pada sayur dan buah juga semakin berinovasi antara lain dengan pengggunaan pupuk organik dan proses produksi bahan makanan organik.

Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa bahan makanan utamanya buah dan sayur yang mudah kita peroleh adalah bahan makanan yang umumnya masih non-organik. Maka dari itu untuk mengurangi kontaminan pada sayur dan buah ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Mencuci sayur dan buah menjadi salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan kotaminan.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menyebutkan bahwa ada hal utama yang dapat kita lakukan agar pencucian bahan pangan dapat efektif menghilangkan kontaminan dalam jumlah banyak, yaitu dengan menggunakan sanitizer. Sanitizer adalah bahan yang dapat mengurangi kandungan mikroba pada bahan makanan. Bahan utamanya dapat menggunakan antiseptik, desinfektfan dan bahan yang mirip detergen. Salah satu kandungan dalam sanitizer yang terbukti menurunkan jumlah kontaminan mikroba Escherichia Coli adalah klorin. Klorin efektif dalam mengurangi bakteri vegetatif dan mikroba. Klorin kini sudah banyak digunakan dalam larutan pencuci buah dan sayuran yang ada di pasaran.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menyarankan bahwa penggunaan sanitizer dengan tepat (memerhatikan suhu dan keasaman air saat mencuci) lebih ditujukan kepada petani/ produsen buah dan sayur, karena akan efektif apabila dilakukan setelah buah dan makanan baru dipanen dan belum dikemas. Namun tidak ada salahnya kita juga memastikan bahwa sayur dan buah yang kita konsumsi bebas dari kontaminasi dengan menambahkan penggunaan sanitzer saat mencuci sayur dan buah kan?

Source: http://doktersehat.com/cuci-sayur-dan-buah-pakai-cairan-ini/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Cuci Sayur dan Buah Pakai Cairan Ini"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.