Cewek ABG Tangkap Cowok Penipu

IDNews.co.id – Kecerdasan dan keberanian pelajar SMA yang satu ini layak diacungi jempol. Bagaimana tidak, pelajar kelas dua SMA bernama Aulia, 17, ini berhasil menjebak pelaku penipuan dan dengan dibantu polisi berhasil meringkusnya. Pelakunya sendiri bernama Diki Prasetya, 21.

Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat Kompol Suyatno menjelaskan, awalnya korban berkenalan dengan pelaku melalui jejaring  media sosial Facebook pada Senin (8/1) lalu. Setelah berkenalan dan chating di facebook, pelaku lalu mengajak bertemu dengan korbannya masih di hari itu juga.

Korban dan pelaku sepakat untuk bertemu di sebuah caffe di Jalan Letjen Suprapto Kecamatan Senen pada hari Senin sore itu juga sekitar pukul 16.00 WIB.  Lalu pelaku berusaha meminjam ponsel korban dengan alasan hendak menghubungi temannya. Karena percaya begitu saja, korban mau saja meminjamkan ponselnya yang merek Oppo F5 senilai sekitar Rp 4 juta.

Namun begitu ponsel berpindah tangan ke pelaku, ia pun berpura-pura berbicara dengan rekannya dengan menjauhi korban. Selanjutnya, pelaku langsung pergi membawa kabur ponsel korban. Korban melaporkan ke Mapolsek Cempaka Putih. Korban bersama temannya mencoba memancing pelaku dengan cara berkenalan menggunakan akun facebook Annisa itu.

Umpan dimakan tanpa disadari pelaku, Diki langsung merespon ajakan perkenalan dari akun facebook Annisa itu. Setelah bercakap-cakap melalui chating di facebook, Diki kembali menggunakan modus yang sama, yakni mengajak Annisa untuk bertermu alias kopi darat.

Kesapakatan tercapai, pertemuan  direncakan pada hari Sabtu (13/1) malam, di lokasi yang sama, di sebuah caffe di Jalan Letjen Suprapto Senen Jakarta Pusat. Namun, sebelum menemui pelaku, Aulia ditemani Annisa mendatangi Mapolsek Cempaka Putih. ”Jadi sebelum ketemuan dengan tersangka, korban menghubungi polisi dan bilang kalau mau memancing pelaku dengan cara yang sama,” terang Suyatno.

Mendapat informasi seperti itu, tim reserse Polsek Campaka Putih langsung mendampingi korban dan lainnya menyebar untuk memantau pergerakan pelaku. ”Setelah korban melihat tersangka dan memastikan kalau yang bersangkutan adalah pelakunya, tim di lapangan langsung mengamankan yang bersangkutan,” urai Suyatno.

Diki yang sudah terkepung hanya bisa pasrah ketika dikepung petugas. Ia pun langsung digelandang ke Mapolsek Cempaka Putih untuk dilakukan proses hukum. Satu unit ponsel Oppo F5 yang belum sempat dijual pemuda penggangguran ini disita polisi sebagai barang bukti.

Penyidik selanjutnya menjerat JalanTembaga II RT 03 / RW 02 Kelurahan Harapan Mulia Kecamatan  Kemayoran Jakarta Pusat ini dengan Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara. ”Tersangka masih dalam pengembangan penyidikan untuk mengungkap korban-korban lainnya,” pungkas Suyatno. (dus)

Posting Cewek ABG Tangkap Cowok Penipu ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 15, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.