Cegah Lonjakan Trafik Libur Lebaran, Tri Indonesia Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Tri-Indonesia-Ibadah

Cegah Lonjakan Trafik Libur Lebaran, Tri Indonesia Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Tri-Indonesia-Ibadah

Gadgetren – Untuk mengantisipasi peningkatan trafik data pada saat perayaan Idul Fitri 1422 H dan libur lebaran, Tri Indonesia dikabarkan telah melakukan peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan.

M. Danny Buldansyah selaku Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer Tri Indonesia mengatakan bahwa optimisasi kualitas dan kapasitas jaringan dilakukan pihaknya untuk memberikan kenyamanan pelanggan.

“Kami terus mengawasi trafik yang terjadi melalui NOC (Network Operation Center) kami yang bekerja 24/7 selama 365 hari. Dengan optimisasi yang sudah dilakukan, kapasitas jaringan Tri bisa mengatasi tambahan lonjakan trafik hingga 35% sehingga dipastikan pelanggan dapat dengan nyaman menjalani seluruh kegiatan digital selama Ramadan dan Idul Fitri di rumah,” ujarnya. 

Adapun optimalisasi peningkatan kualitas jaringan ini telah dilakukan di 214 Point of Interest (POI) di seluruh Indonesia yang terdiri dari 71 titik di Kalimantan dan Sumatra, 8 titik di Sulawesi, dan 135 titik di Pulau Jawa dan Bali. 

Tri Indonesia turut menambah Cell on Wheels (COW) yang tersebar di Pulau Jawa meliputi Kota Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Selain itu optimalisasi juga dilakukan di bandara, pelabuhan, stasiun bus dan kereta, jalur utama transportasi darat, tempat ibadah, rumah sakit, daerah wisata, serta area pemukiman padat penduduk.

Tri-Indonesia-MLBB

Tri-Indonesia-MLBB

Bila mengilas balik pada tahun 2020, volume trafik data Tri Indonesia tercatat mengalami peningkatan saat Idul Fitri yang disebabkan oleh banyaknya pelanggan yang berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat menggunakan aplikasi mobile messaging seperti WhatsApp, mengakses berbagai sosial media, maupun mengonsumsi berbagai konten digital.

Sementara itu pada minggu ketiga Ramadan 2021, Tri Indonesia telah mencatat terjadi kenaikan trafik data untuk mengakses aplikasi YouTube sebesar 22%, Shopee 21%, TikTok 20%, dan Mobile Legends 19%.

Kenaikan trafik ini kemudian diprediksi Tri Indonesia akan terus meningkat hingga hari raya Idul Fitri 1422 H dan libur lebaran. Untuk mengantisipasi terjadi keadaan darurat, Tri Indonesia pun telah menyediakan cadangan daya (power backup) di setiap unit BTS. Namun jika pelanggan menemui kendala lainnya, maka dapat mengakses Call Center 132 milik Tri Indonesia yang beroperasi secara penuh selama 24 jam.

Artikel ini telah tayang di gadgetren.com

__Posted on
May 12, 2021
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.