Cara Mudah Agar Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan

IDNews.co.id – Hujan yang mengguyur Jakarta terakhir ini buat para pemilik mobil sulit, lebih-lebih mereka yang suka merawat keindahan tunggangannya.

Air hujan kaya akan asam dan kotoran, hingga berpotensi buat cat mobil kusam. Hal ini otomatis mengurangi penampilan mobil.

Usai diguyur hujan, ada pemilik yang segera membawa mobil ke tempat pencucian. Tetapi, ada pula yang biarkan semalaman, karena pulang sangat larut dan sudah capek.

Membersihkan sekerap mungkin memang dapat merawat penampilan bodi mobil cemerlang. Tapi, belum pasti hal tersebut dapat merawat kwalitas catnya.

Ada beberapa cara spesial yang sederhana dan mudah dipraktikkan, supaya penampilan cat mobil tetap kinclong.

Untuk membersihkan mobil, semestinya jalankan sedikitnya dua kali dalam seminggu. Bahkan jika sudah terlihat kotor, tidak ada kelirunya bersihkan sehari-hari, bukan? Apalagi sedang musim hujan begini. Hal itu dilakukan untuk menghindar debu menumpuk sangat tebal di mobil anda.

Membersihkan mobil memang membutuhkan ketekunan dan keterampilan spesial. Oleh karena itu, tidak jarang orang lebih pilih membawa kendaraannya ke salon mobil.

Tetapi jika anda menginginkan cobanya sendiri di rumah dapat kok. Tapi, hati-hatilah dengan sisa air sabun. Untuk cara mengkilapkan cat mobil yaitu jauhi membersihkan dibawah sinar matahari segera. Sisa air sabun yang jadi kering akan meninggalkan bercak pada bodi mobil anda loh.

Jangan Gunakan Detergen Untuk Membersihkan Mobil

Sabun memiliki berapa jenis yang pasti memiliki manfaat yang berlainan. Nggak kecuali sabun yang digunakan untuk membersihkan mobil. Jangan anda terkadang membersihkan dengan sabun yang memiliki kandungan detergen ya karena akan merusak cat mobil anda.

Sudah banyak beraneka merk shampo spesial mobil yang beredar di market. Tetapi jika anda tetap kesusahan menemukannya, masih ada solusi beda kok. Anda dapat menggunakan sabun atau shampo umum dengan catatan tidak mengandung detergen ya.

Aturlah Tekanan Keluaran Air Dari Selang

Kotoran di mobil yang membandel memang lebih mudah dibikin bersih dengan arus air yang tinggi. Tetapi, butuh anda mengerti kalau ini membahayakan cat mobil loh.

Cukup pakai air dengan kapabilitas menengah. Selain menyemprot dengan selang, dapat pula dilakukan dengan cara mengguyurnya.

Segera Keringkan Mobil Setelah Selesai Mencuci

Saat di rasa semua sisi mobil sudah bersih, segera keringkan mobil. Ini juga adalah satu diantara cara menjaga cat mobil supaya tetap mengkilap. Jangan biarlah air sangat lama membasahi bodi mobil ya.

Ohiya, jangan juga memercayakan cahaya matahari untuk mengeringkannya. Hal itu dapat menyebabkan air yang tersisa akan membekas dibagian mobil anda. Bersihkan selekas-lekasnya supaya tidak ada bercak di cat mobil anda.

Perhatikan Cara Mengelap Dan Bahan Kain Lap

Untuk mengelap mobil sudah pasti terdapat banyak hal yang wajib diperhatikan. Pertama yaitu tentang bahan kain lap. Pastikan bahan yang terbuat dari kulit atau kanebo supaya air lebih cepat terserap. Jangan pakai kain lap berbahan katun ya, karena bahan itu seringkali menaruh partikel-partikel kecil yang bisa menggores cat mobil anda loh.

Hal kedua yang wajib diperhatikan yaitu anda mesti waspada saat mengelap. Pastikan lap yang anda pakai bersih dan hati-hati ya saat mengelap mobil juga satu diantara cara mengkilapkan cat mobil supaya tidak mudah rusak.

Gunakan Wax Supaya Cat Mobil Mengkilap

Ada cara-cara mengkilapkan cat mobil. Sebelum melakukan cara barusan terdapat banyak bahan yang wajib anda siapkan nih. Beberapa bahan itu yakni wax, busa, dan kain katun lembut atau jika ada microfiber ya. Langkah awal untuk buat cat lebih mengkilap yaitu memoleskan wax ke bodi mobil.

Caranya, yakinkan dahulu mobil anda ada ditempat teduh supaya wax itu tidak cepat jadi kering. Pengolesan wax dapat dilakukan dengan menuangkannya pada busa. Lalu gosokkan sisi untuk sisi mobil dengan memutar.

Jauhi menggosok-gosok wax segera semua bodi mobil. Jalankan langkah barusan dengan bertahap supaya wax tidak mudah jadi kering, tunggulah dahulu kurang lebih 10 menit. Jika sudah kering, bersihkan sisa wax dengan kain atau microfiber ya.

So, tersebut cara-cara mengkilapkan cat mobil agar semakin bagus dan enak diliat. Bila ada kritik dan anjuran silakan isi di kolom komentar ya Sahabat.(ndi)

Posting Cara Mudah Agar Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Cara Mudah Agar Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.