Butet Kartaredjasa Pasang Ring Jantung, Fungsinya untuk Apa?

IDNEWS.CO.ID –¬†Sesaat setelah ambruk di tengah pementasan ‘Kanjeng Sepuh’, pemain teater Butet Kartaredjasa dibawa ke rumah sakit. Sang adik, Djaduk Ferianto menjelaskan Butet sudah melakukan operasi.

“Butet sudah di operasi dan ditambah ringnya 4 cincin,” katanya saat dihubungi detikcom.

Spesialis jantung, dr Vito A Damay, SpJP (K) mengatakan pemasangan ring jantung dilakukan untuk terapi. Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang membutuhkan pemasangan ring yaitu ketika pembuluh darah koroner pada jantung menyempit karena proses yang disebut aterosklerosis.

“Aterosklerosis terjadi pada orang dengan diabetes, kolesterol tinggi, perokok, kegemukan, serta darah tinggi, makin lama semakin berat di pengaruhi proses penuaan dan ada juga faktor genetika,” tuturnya pada IDNEWS.CO.ID, Senin (25/3/2019).

“Akibatnya ada keluhan sakit dada, cepat lelah, sesak napas atau bahkan juga serangan jantung yang dapat mengakibatkan kematian. Ring itu dipasang untuk melebarkan kembali pembuluh darah itu,” sambungnya.

Secara sederhana, ring jantung berfungsi untuk memastikan supaya pembuluh darah tetap terbuka untuk memperkecil resiko serangan jantung. Akan tetapi, tidak semua pengidap penyakit jantung perlu pemasangan ring.

(fat)

The post Butet Kartaredjasa Pasang Ring Jantung, Fungsinya untuk Apa? appeared first on IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Butet Kartaredjasa Pasang Ring Jantung, Fungsinya untuk Apa?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.