Buruh di Jakarta Dapat Kartu Pekerja

IDNews.co.id – Dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial dengan membantu mengurangi biaya hidup di Jakarta, Pemprov DKI hari ini (Jumat, 12/1/2018) meluncurkan Kartu Pekerja bagi ribuan buruh yang beroenghasilan UMP (upah minimum propinsi).

Penyerahan kartu tersebut langsung diserahkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, dalam pesannya Wagub mengatakan Kartu Pekerja tersebut merupakan bentuk keberpihakan kepada buruh.

“Dalam rangka meningkatkan kesejateraan buruh berpenghasilan UMP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan fasilitas berupa layanan Transjakarta gratis dan layanan untuk berbelanja di JakGrosir,” jelas Wagub dalam pidatonya, di gedung Balai Kota Jakarta Pusat, Jumat (12/1 /2018).

JakGrosir sendiri merupakan tempat belanja secara grosir yang selama ini hanya melayani pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Dengan program Kartu Pekerja ini, fasilitas JakGrosir yang memiliki lebih dari 2000 macam item bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari nantinya dapat dinikmati oleh buruh berpenghasilan UMP.

Selain kedua fasilitas tersebut, buruh berpenghasilan UMP juga dapat mengikuti program Subsidi pangan berupa pembelian bahan pokok yaitu daging sapi seharga Rp. 35.000 per kg; daging ayam seharga Rp. 8.000 per kg; beras seharga Rp. 30.000 untuk 5 kh; dan telur ayam seharga Rp. 12.500 per kg.

“Khusus untuk program subsidi pangan tersebut, para pekerja diharuskan membuka rekening di Bank DKI karena sistem pembelian non tunai atau cashless di lokasi pembelian pada pusat pendistribusian bahan pokok yang terdapat pada 72 pasar tradisional dan JakGrosir,” jelas Wagub.

Perlu diketahui, UPM DKI Jakarta tahun 2018 sebesar Rp. 3.648.035 dan telah diumumkan sejak awal November 2017 lalu. Besaran UMP ini berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan dan diputuskan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui Peraturan Gubernur Nomor 182 tahun 2017. (pas)

Posting Buruh di Jakarta Dapat Kartu Pekerja ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 12, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.