Bukalapak Disebut Tengah Mempertimbangkan Opsi IPO Melalui SPAC

Narasumber Bloomberg menyebut Bukalapak tengah mempertimbangkan opsi go public di Amerika Serikat (AS) melalui perusahaan akuisisi bertujuan khusus, atau special purpose acquisition company (SPAC). Langkah ini berpotensi melambungkan nilai valuasi Bukalapak hingga mencapai US$5 miliar (Rp71 triliun). Menurut perhitungan CB Insights, nilai valuasi marketplace online tersebut saat ini diperkirakan berada di kisaran US$3,5 miliar (Rp49 triliun).

Bukalapak dikabarkan tengah menjajaki peluang melantai di bursa saham AS dengan sejumlah bank investasi dan pengelola SPAC. Perusahaan juga disebut tengah mempertimbangkan untuk melakukan penawaran saham perdana sebagian unit usahanya di Indonesia terlebih dahulu.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Bukalapak memang memiliki rencana untuk melakukan dual listing di Indonesia dan Amerika Serikat.

Dikonfirmasi secara terpisah terkait hal ini, Gicha Graciella selaku Senior Corporate Communication Manager Bukalapak mengatakan kepada Tech in Asia bahwa pihaknya tidak dapat memberi komentar terkait rumor ataupun berita spekulasi IPO Bukalapak.

“Fokus kami adalah untuk membangun bisnis yang sustainable untuk menciptakan dampak jangka panjang kepada para UMKM dan seluruh masyarakat Indonesia melalui platform online dan online-to-offline yang dapat diandalkan,” ungkapnya.

Berdiri sejak 2010, Bukalapak kini memiliki 13,5 juta pelapak dan 100 juta pengguna. Raksasa teknologi asal AS Microsoft bersama sejumlah pihak lain telah tercatat sebagai investornya. Sejalan dengan investasi tersebut, Bukalapak juga akan memanfaatkan infrastruktur cloud Microsoft Azure di Indonesia.

Wacana IPO melalui SPAC memang tengah gencar berhembus di ekosistem startup Asia Tenggara. Beberapa perusahaan teknologi yang menjajaki langkah tersebut mencakup Traveloka, Tokopedia,  One Championship, hingga yang terbaru PropertyGuru.

(Diedit oleh Iqbal Kurniawan)

Artikel ini telah tayang di id.techinasia.com

__Posted on
March 3, 2021
__Categories
Peristiwa, Start Up

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.