Brio Kalahkan Avanza Jadi Mobil Terlaris di Februari 2019

Honda Brio meraih predikat mobil terlaris di bulan Februari 2019. Capaian itu mengalahkan Avanza dan Xenia sebagai mobil terlaris yang paling banyak dibeli pada Februari 2019.

Menurut data GAIKINDO, seperti dikutip di , posisi Toyota Avanza berada di peringkat ke-2. Sementara Daihatsu Xenia, berada di urutan ke-9.

Posisi Toyota kini mulai digeser si kecil gesit Honda Brio. Wah, ternyata ada juga yang mengalahkan mobil sejuta umat!

Jumlah penjualan mobil terlaris per bulannya itu mencapai ribuan unit. Bayangkan saja, setiap bulan ada ribuan mobil baru berseliweran di jalanan.

Daftar yang dikeluarkan GAIKINDO ini juga bisa dijadikan acuan oleh setiap produsen mobil untuk terus berinovasi. Menentukan selera mangsa pasar yang kadang berubah-ubah.

Buat kamu yang penasaran apa aja sih memang mobil terlaris bulan Februari lalu? Simak di sini:

1. Honda Brio (5.960 unit)

 

Sejak diluncurkan pada tahun 2012, mobil ini memang memikat banyak hati masyarakat perkotaan.

Diluncurkan oleh Honda sebagai sarana untuk mendukung program pemerintah tentang LCGC atau mobil murah ramah lingkungan.

Hingga akhirnya mobil Brio muncul dengan dua varian, Brio dan Brio Satya. Brio Satya memiliki fitur lebih sederhana, dan tentunya harga yang lebih murah.

Mobil ini memang didesain khusus untuk masyarakat perkotaan, dengan kapasitas mesin sekitar 1.200 cc. Dengan mesin ini, Brio diklaim sebagai mobil yang lincah namun tetap irit.

Pada bulan Februari 2019, penjualan Brio meraih peringkat pertama dengan penjualan terbanyak mencapai 5.960 unit. Harga Honda Brio bervariasi, mulai dari Rp 140 juta untuk tipe terendah, dan Rp 190 jutaan untuk tipe tertinggi.

2. Toyota Avanza (5.700 unit)

 

Nah dua bulan terakhir ini, posisi Toyota Avanza sebagai mobil terlaris sudah tergeserkan oleh merek lainnya.

Pada bulan Januari 2019, Avanza berada di peringkat ke-3 sementara pertama ada Brio dan ke-2 ada Xpander. Nah bulan Februari lalu, posisinya kini berada di peringkat ke-2.

Penjualan mereka sedikit di bawah Brio, yaitu sekitar 5.700 unit. Jumlah penjualan tersebut bisa dibilang mengalami peningkatan dari penjualan Januari yang hanya 5.498 unit.

Tapi, baru-baru ini Toyota baru mengeluarkan All New Avanza dengan desain yang mewah dan futuristik. Kita lihat saja nanti, apakah desain terbaru tersebut mampu mengembalikan kejayaan Avanza sebagai mobil paling dicari?

3. Mitsubishi Xpander (5.532 unit)

 

Xpander dan Avanza terlibat salip-menyalip sebagai mobil terlaris di Tanah Air. Sejak diluncurkan tahun 2017 lalu, Xpander berhasil memikat masyarakat.

Bagaimana tidak, mobil yang masuk dalam kategori small MPV ini menawarkan desain yang segar ketimbang pendahulunya seperti Avanza, Xenia atau mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc lainnya.

Berkat mobil ini, penjualan Mitsubishi pun meraih rekor tertinggi pada sepanjang tahun 2018 lalu. Dikutip dari , penjualan wholesales Mitsubishi dari Januari sampai Desember 2018 tercatat 142.861 unit.

Salah satu penyumbang terbesar adalah, Xpander. Harga Xpander kini berada di kisaran Rp 206 jutaan sampai Rp 260 jutaan.

4. Toyota Rush (4.343 unit)

 

Satu lagi mobil keluaran Toyota masuk daftar mobil paling laku bulan Februari 2019. Toyota Rush dengan model terbaru meraih penjualan terlaris ke-4. Sejak diluncurkan pada bulan November 2017, mobil ini langsung merangsek ke peringkat atas mobil Low SUV.

Saking lakunya, sejak September 2018, mobil ini berhasil menggeser posisi Honda HRV dan Honda BRV. Nah di bulan Februari 2019 ini, mereka menempatkan posisi ke-4 dengan jumlah penjualan mencapai 4.343 unit.

Harga Toyota Rush saat ini sekitar Rp 240 jutaan untuk tipe terendahnya, dan Rp 260 jutaan untuk varian tertinggi.

5. Toyota Kijang Innova (4.231 unit)

 

Peringkat ke-5 lagi-lagi diisi oleh Toyota, Kijang Innova. Mobil keluarga yang satu ini memang tangguh banget, mesinnya saja memiliki kapasitas 2.000 cc. Fitur-fitur yang disematkan juga mumpuni untuk dijadikan mobil andalan.

Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini terdiri dari dua varian, ada yang berbahan bakar bensin, ada juga yang berbahan bakar diesel.

Selain itu, harga jual bekasnya juga masih tergolong tinggi, jadi gak heran kalau banyak yang memilih mobil ini sebagai tunggangan utama.

Harganya bervariasi, dijual mulai dari Rp 300 jutaan untuk tipe terendah dan tipe tertinggi mencapai Rp 400 jutaan.

Itulah lima mobil terlaris di bulan Februari 2019. Semoga saja bisa memberikan inspirasi buat kamu dalam memilih-milih mobil.

Tapi ingat, belinya disesuaikan dengan kebutuhan kamu ya, kalau beli dengan sistem cicilan, sesuaikan juga dengan pendapatan yang kamu peroleh. Jangan sampai beli mobil, tapi kebutuhan sehari-hari kamu menjadi korban. (Editor: Chaerunnisa)

Sumber: moneysmart.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.