BPN Didesak Batalkan HGB Pulau Buatan

IDNews.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai serius dalam menuntaskan persoalan reklamasi semakin terlihat. Kali ini dengan langkah pemprov, yang mengirimkan surat kepada Manteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil untuk menunda dan membatalkan seluruh hak guna bangunan (HGB) yang diberikan kepada pihak ketiga atas seluruh pulau hasil reklamasi.

Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Yayan Yuhana mengatakan, permohonan pembatalan HGB untuk pulau C, D, dan G. “Iya (berkirim surat). Bunyinya seperti itu, suratnya kami sudah kirim ke BPN,” ujar Yayan, Selasa (9/1).

Yayan mengatakan, surat itu dikirimkan ke BPN beberapa waktu lalu. Namun, sampai saat ini pihaknya belum mendapat konfirmasi dari BPN. Ia enggan menjelaskan alasan Pemprov DKI meminta BPN membatalkan HGB untuk para pengembang pulau reklamasi.

“Nanti tunggu dari BPN seperti apa. Saya enggak mau memeriksa kebijakan pimpinan. Sekarang kami belum diundang rapat, belum ada apa-apa, tetapi yang jelas sudah dikirim (suratnya),” ujar Yayan.

Dalam surat tertanggal 29 Desember 2017 tersebut, Gubernur Anies mengirimkan surat permohonan agar Menteri ATR/BPN menunda dan membatalkan seluruh HGB yang diberikan kepada pihak ketiga untuk pulau C, D, dan G.

Dalam surat itu, Pemprov DKI masih melakukan kajian terkait reklamasi setelah pencabutan agenda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Zonasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di DPRD DKI.

Pengamat Perkotaan Sugiyanto menilai, langkah Pemprov DKI mengirim surat kepada Manteri Agraria Dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, untuk menunda dan membatalkan seluruh hak guna bangunan (HGB) yang diberikan kepada pihak ketiga atas seluruh pulau hasil reklamasi sudah tepat.

Menurut dia, itu bentuk keberanian Anies. “Kami apresisi dan mendukung langkah gubernur itu,” tukas Sugiyanto. (pas)

Posting BPN Didesak Batalkan HGB Pulau Buatan ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

__Posted on
January 10, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.