Bolehkah Minum Parasetamol Saat Hamil?

No comment 33 views

DokterSehat.Com– Kondisi ibu saat hamil bisa jauh berbeda dengan kondisi ibu saat sebelum hamil, khususnya pada trimester pertama kehamilan. Berbagai keluhan yang muncul biasanya mual-mual dan nyeri. Tidak sembarang obat bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan termasuk obat-obatan ringan seperti paracetamol.

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

doktersehat-hamil-pusing-Preeklamsia

Paracetamol dikenal sebagai obat pereda nyeri dan penurun demam. Obat ini biasa digunakan untuk meredakan rasa sakit ringan hingga menengah seperti sakit kepala, sakit gigi, nyeri sendi hingga nyeri yang dirasakan saat flu. Lalu, amankan minum paracetamol saat hamil untuk menghilangkan nyeri maupun demam?

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa ibu hamil boleh saja mengonsumsi paracetamol saat hamil. Belum ada bukti yang benar-benar menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil bisa berbahaya bagi janin.

Namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum paracetamol saat hamil dapat meningkatkan risiko asma pada anak. Penelitian lain menemukan bahwa minum paracetamol saat hamil memiliki hubungan dengan anak yang mengalami ADHD atau Attention Deficit Hyperactovoty Disorder.

Sedangakan para ahli dari Universitas Edinburgh yang melakukan penelitian pada tikus yang dicangkok secara khusus dengan jaringan janin untuk meniru kondisi kehamilan menemukan bahwa tikus-tikus yang diberikan paracetamol selama tujuh hari memiliki tingkat testosteron yang lebih rendah. Namun temuan ini belum memiliki bukti kuat dan masih harus diteliti lebih lanjut.

Meskipun secara umum paracetamol tidak berbahaya bagi ibu hamil, namun, Anda tetap harus mengonsumsinya sesuai takaran. Dosis paracetamol yang aman untuk ibu hamil adalah satu tablet (500mg) atau dua tablet (1000 mg) sekali minum. Paracetamol bisa diminum maksimal empat kali sehari setiap 4-6 jam. Namun sebaiknya sampaikan segaka keluhan yang alami selama kehamilan dan obat-obatan yang sudah diminum untuk mendapatkan pilihan penanganan dan pengobatan terbaik.

Source: http://doktersehat.com/bolehkah-minum-parasetamol-saat-hamil/

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Bolehkah Minum Parasetamol Saat Hamil?"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.