Blueberry Tingkatkan Efektivitas Radiasi Pada Kanker Serviks

IDNews.co.id – Kanker serviks masih jadi momok. Di lebih dari satu negara bahkan di Indonesia, penderitanya bertambah. Menurut data WHO pada 2017 terjadi 21 ribu masalah kanker serviks setiap tahunnya hingga mendiami nomor dua dalam jumlah terpuncak di dunia.

Tetapi sebuah riset paling baru berhasil membuka kalau buah blueberry dapat mengatasinya. Dalam riset yang dilakukan di University of Missouri School of Medicine, ditemukan kalau blueberry mengandung resveratrol, atau senyawa yang menolong dalam terapis penyembuhan kanker serviks.

” Berdasarkan riset sebelumnya, kami pelajari ekstrak blueberry untuk meyakinkan apakah itu dapat digunakan sebagai radiosensitiser, ” Yujiang Fang, profesor di University of Missouri School of Medicine, seperti dilansir Indian Express.

Radiosensitiser adalah bahan kimia non-toksik yang buat sel kanker lebih responsif pada terapis radiasi. Sampai kini, terapis radiasi menggunakan cahaya X tambah energi tinggi dan partikel yang lain seperti cahaya gamma untuk menghancurkan sel kanker.

” Untuk lebih dari satu jenis kanker, seperti serviks fase akhir, radiasi adalah pilihan penyembuhan yang baik. Tetapi, kerusakan sel sehat mungkin terjadi.

Untuk riset yang dipublikasikan di Jurnal Patologi dan Onkologi, peneliti menggunakan sel kanker serviks untuk mengikuti penyembuhan klinis. Garis sel dibagi jadi empat kelompok yang meliputi kelompok kontrol, kelompok yang cuma terima radiasi, kelompok yang cuma terima ekstrak blueberry dan kelompok yang terima radiasi dan ekstrak.

Para peneliti menemukan kalau radiasi menurunkan sel kanker sekitar 20 persen. Kelompok sel yang cuma terima ekstrak blueberry memiliki penurunan 25 persen pada kanker. Tetapi, penurunan terbesar terjadi pada sel kanker dan kelompok radiasi, dengan penurunan sekitar 70 persen.

” Blueberry begitu umum ditemukan di semua dunia. Mereka mudah didapat dan terjangkau. Sebagai pilihan penyembuhan alami untuk tingkatkan resikotivitas terapis yang ada, saya merasakan mereka akan terima dengan ketertarikan, ” kata Fang. (ndi)

Posting Blueberry Tingkatkan Efektivitas Radiasi Pada Kanker Serviks ditampilkan lebih awal di IDNews.co.id.

Baca Artikel ini melalui Gadget Anda, silahkan scan QRCode berikut ini:

Related Search

author
No Response

Leave a reply "Blueberry Tingkatkan Efektivitas Radiasi Pada Kanker Serviks"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.