Bhabinkamtibmas Jombok Sampaikan Pesan Kamtibmas

Bhabinkamtibmas Jombok Sampaikan Pesan Kamtibmas

Polres Trenggalek – Mengingatkan warga merupakan kewajiban dan hal biasa dalam kedinasan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek seperti yang dilakukan di warung milik “mbah Min ” dusun sidem desa Jombok yang dilakukan Bripka Sarwanto dan Aiptu Mukani saat melakukan patroli malam dan berdialogis permasalahan Kamtibmas yang perlu di waspadai,  Rabu (3/1).

 

 

” Salah satu fungsi Rukun Tetangga ( RT ) adalah pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga dari kejahatan. Pemeliharaan keamanan ini diwujudkan antara lain dengan menerapkan aturan “1×24 Jam Tamu Harap Lapor”. Pada praktiknya, aturan ini dituangkan dalam Peraturan Daerah atau Peraturan Rukun Tetangga setempat, ” Kata Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Jombok Bripka Sarwanto mengawali pembicaraan.

 

Dalam pelaksanaan tugasnya, RT mempunyai fungsi, pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya, memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan, pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat dan penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya. Seperti yang disampaikan Bhabinkamtibmas Polsek Pule Polres Trenggalek desa Jombok kepada warga binaan didesanya.

 

Dari keempat fungsi RT di atas, sehubungan dengan kewajiban tamu harap lapor 1×24 Jam ini sekiranya berkaitan dengan fungsi RT dalam pemeliharaan keamanan, ketertiban, dan kerukunan hidup antar warga. Dengan kata lain, pemberlakuan aturan tamu wajib lapor 1×24 jam kepada Ketua RT ini semata-mata dalam rangka pemeliharaan dan menciptakan lingkungan yang aman.

 

Sekedar diketahui, aturan tamu wajib lapor 1×24 jam kepada Ketua RT ini merupakan upaya pencegahan kejahatan yang diupayakan oleh RT di wilayahnya, salah satunya adalah upaya penanggulangan kejahatan terorisme. Dari peran para ketua Rukun Tetangga dapat dijelaskan antara lain pelibatan RT dalam rangka penanggulangan terorisme telah berjalan baik dalam upaya penindakan di TKP dan ataupun upaya pencegahan, berupa wajib lapor 1×24 jam bagi tamu atau endatang di wilayah masing-masing.

 

Tidak hanya untuk penanggulangan kejahatan terorisme, aturan tamu wajib lapor 1×24 jam kepada Ketua RT ini juga ditujukan untuk membuat lingkungan masyarakat kondusif dari kejahatan-kejahatan lainnya. Masyarakat harus berperan aktif untuk membuat lingkungan sekitarnya kondusif.

 

Caranya, masyarakat harus guyub rukun dan kembali mengaktifkan siskamling, RT juga harus membuat wajib lapor bagi pendatang atau tamu yang bermalam 1X24 jam. Siskamling dan wajib lapor 1X24 jam itu mempunyai banyak manfaat untuk mengantisipasi sejak dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

 

 

__Posted on
January 3, 2018
__Categories
Peristiwa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.